Harga Minyak Goreng Sudah Normal Operasi Pasar Batal Digelar, Kepala Dinas Perdagangan Minta Maaf

Harga minyak goreng kemasan premium kembali normal terhitung Rabu (16/03/2022). Ini sesuai dengan keputusan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian

Penulis: Tiah SM | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/Andri M Dani
Stok minyak goreng kemasan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Harga minyak goreng kemasan premium kembali normal terhitung Rabu (16/03/2022). Ini sesuai dengan keputusan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang dirilis pada Selasa (15/03/2022) malam.

“Tadi malam, ada rilis dari Menteri Perekonomian bahwa harga yang mendapat subsidi hanya minyak curah, yaitu Rp 14 ribu per liter. Sedangkan untuk harga minyak goreng kemasan premium harga dikembalikan ke harga pasar,” ujar Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah, di kantornya, Rabu (16/03/2002).

Menurut Elly , harga minyak goreng premium kembali ke harga  semula sekitar Rp 40 ribu per dua liter, atau dikembalikan ke masing-masing produsen dan distributor.

“Tidak ada harga eceran tertinggi (HET) untuk minyak goreng kemasan premium. Jadi harganya bergantung masing-masing produsen dan distributor,” tututrnya.

Elly mengatakan,  selama ada harga subsidi minyak langka, antrian dimana mana dan banyak dikeluhkan warga . Beberapa warga minta harga minyak dikembalikan ke semula sebelum ada subsidi.

Ia berharap dengan harga normal  pasokan minyak goreng di pasaran kembali melimpah.

Elly merasa heran minyak menghilang saat harga subsidi. Hal ini tidak menutup kemungkinan ada permainan tapi ia tidak tahu siapa yang nakal.

Dengan kembalinya harga minyak goreng ke harga normal, tanpa ada HET, Elly mengatakan, rencana Pemkot Bandung untuk menggelar OP minyak goreng  di beberapa kecamatan, tidak jadi digelar, lantaran subsidi sudah dicabut.

“Saya minta maaf kepada warga yang sebelumnya sudah antusias dengan rencana digelarnya OP ini,” ujarnya.

Baca juga: Stok Minyak Goreng di Supermarket KBB Melimpah Tapi Harga Mahal, Kepala Toko Sebut Seusai Aturan

Pemkot Bandung berencana gelar OP minyak goreng di 5 kecamatan pekan ini di kecamatan itu , Cibiru, Astana Anyar, Cicendo, Ujungberung dan Regol.

Sementara itu, Camat Cibiru Didin Dikayuana mengatakan, OP minyak goreng di Kecamatan Cibiru, seharusnya digelar Rabu 16 Maret 2022.

“Kami sudah membagi 1.200 kupon untuk warga di 4 kelurahan, bahkan warga sudah membayar sebesar Rp28 ribu per dua liter. Namun mendadak dibatalkan,” ujar Didin.

Didin mengatakan, pembatalan itu, Selasa malam sekitar pukul 22.00 langsung diumumkan lewat grup whatsapp.

“Uang minyak goreng warga  sudah dikembalikan, walau pada kecewa karena batal dapat minyak goreng, " ujarnya.

Baca juga: Gagal Atasi Kelangkaan Minyak Goreng, Pengamat Ekonomi Sarankan Jokowi Ganti Menteri Perdagangan

Didin berharap ada OP pengganti , dengan kuota 1.200 sesuai yang sudah mendapat kupon.  (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved