Meski Tahu Jadwal KA, Bukan Jaminan Terhindar dari Tertabrak KA Saat Lewati Rel Tanpa Palang Pintu

Kasus Toyota Innova pelat merah tertabrak KA barang di perlintasan tanpa palang pintu Pasirbatang, Kecamatan Manonjaya, Tasikmalaya, Kamis (10/3)

Penulis: Firman Suryaman | Editor: Darajat Arianto
Dok. Polres Tasikmalaya Kota
Mobil Toyota Innova ringsek tertabrak kereta api barang di perlintasan tanpa palang pintu Pasibatang, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (10/3/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Kasus mobil Toyota Innova pelat merah tertabrak KA barang di perlintasan tanpa palang pintu Pasirbatang, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (10/3/2022) pagi, harus jadi pembelajaran.

Khususnya bagi warga sekitar yang merasa sudah hafal jadwal setiap rangkaian KA yang akan melintas. Namun akhirnya tertabrak juga.

Pengemudi Toyota Innova pelat merah itu dikemudikan Kabid di Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya,  Dindin Saepudin, warga setempat.

Sudah tak terhitung Dindin melintasi rel tanpa palang pintu itu, karena tampaknya sudah mengetahui jadwal rangkaian KA yang biasa lewat.

Namun pagi itu Dindin ketiban nahas. Ia paham pagi itu tak akan ada KA melintas karena memang bukan jadwalnya.

Tapi saat mobil dinasnya berada di atas rel, tiba-tiba dari arah timur meluncur rangkaian KA barang hingga tabrakan pun tak terhindarkan.

"Mobil korban terpental sejauh 20 meter dan mendarat miring dengan kondisi ringsek. Beruntung korban hanya menderita luka ringan," kata Kasatlantas, Polres Tasikmalaya Kota, AKP E Kosasih.

Baca juga: Mobil Pelat Merah Dihantam Kereta Api Barang di Manonjaya Kabupaten Tasik, Begini Kondisi Pengemudi

Rangkaian KA barang itu tampaknya tak memiliki jadwal perjalanan yang tetap, sehingga tak diketahui warga.

"Karenanya kami mengimbau warga selalu berhati-hati sat melintasi rel tanpa palang pintu. Tetap pastikan lihat kiri-kanan ada tidaknya kereta api," ujar Kosasih.

Karena kalau sudah terjadi musibah, yang rugi adalah warga sendiri. "Untung tak ada korban. Kalau ada dipastikan menimbulkan duka mendalam pihak keluarga," kata Kosasih. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved