Ridwan Kamil: Manfaat BUMD Harus Dirasakan Langsung oleh Masyarakat Jawa Barat

Kang Emil menambahkan, keberhasilan MUJ dalam beberapa tahun terakhir telah membuka kesempatan MUJ untuk terus berkembang dalam berekspansi bisnisnya.

Tribun Jabar/Muhamad Syarif Abdussalam
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menghadiri secara virtual RUPST PT MUJ yang digelar di Hotel Trans Luxury, Kota Bandung, Jumat (4/3/2022). 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- PT Migas Hulu Jabar (PT MUJ) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2021.

Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang sahamnya dimiliki 100 persen Pemprov Jawa Barat, PT MUJ melaporkan pertanggungjawaban atas kinerja sepanjang tahun 2021.

RUPST PT MUJ yang dihadiri Gubernur Jabar Ridwan Kamil secara virtual digelar di Hotel Trans Luxury, Kota Bandung, Jumat (4/3). Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, hadir untuk mendengarkan laporan kinerja Perseroan yang disampaikan Direktur Utama PT MUJ Begin Troys. 

Turut hadir Kepala Biro BUMD, Investasi dan Administrasi Pembangunan Provinsi Jawa Barat Lusi Lesminingwati dan jajaran. Sementara pengurus PT MUJ dengan formasi lengkap termasuk Komisaris Utama Faisal Rahadian, Komisaris Abi Rusman T, dan Direktur Keuangan dan Umum Punjul Prabowo.

“Tentunya saya bersyukur banyak hal baik yang hadir dalam kesempatan ini. Di kegiatan Rapat Umum Pemegang Saham Migas Hulu Jabar,” kata Ridwan Kamil dalam sambutannya secara virtual.

Baca juga: bank bjb Raih Indonesia Best BUMD Awards 2022

Pertama sebagai BUMD kata Kang Emil, BUMD ini tentunya memiliki beberapa tujuan. Pertama harus bisa memberikan keuntungan kepada para pemegang saham. 

“Yang kedua adalah memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat di wilayah kerjanya, yaitu Jawa Barat pada khususnya dan Indonesia pada umumnya,” kata Kang Emil.

Kang Emil menambahkan, keberhasilan PT MUJ dalam beberapa tahun terakhir telah membuka kesempatan PT MUJ untuk terus berkembang dalam berekspansi bisnisnya. 

Untuk itu, Pemprov Jawa Barat menyiapkan perluasan bidang usaha bukan saja bidang hulu migas melainkan bidang energi secara keseluruhan, termasuk diantaranya memaksimalkan potensi energi terbarukan.

“Hal inilah yang harus menjadi sebuah pelajaran bahwa perusahaan yang maju adalah perusahaan yang dapat terus beradaptasi dengan perkembangan zaman,” katanya.

Begin Troys menyampaikan, kinerja perusahaan tidak lepas dari pesan terarah Ridwan Kamil kepada Perseroannya. Bahwa BUMD harus memiliki kapasitas dan kapabilitas.

Dua instrument itu penting agar perusahaan bisa memiliki kinerja keuangan yang baik dengan mencetak laba yang bermuara pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baca juga: Kepala Kejati Jabar Sebut Tren Korupsi di Jabar Terjadi di BUMN dan BUMD, Apa Saja?

“Alhamdulilah selama empat tahun berturut-turut PT MUJ sebagai BUMD Jabar akan kembali menyetorkan dividen-nya kepada Pemegang Saham dalam hal ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” ucap Begin.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved