DPRD Jabar Dorong Pemprov Kembangkan Petani Milenial dan Perbanyak Program Kesejahteraan Petani

Dadang mendukung Pemprov Jabar mengembangkan program petani milenial dan program lain yang menyejahterakan petani.

Istimewa
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Dadang Kurniawan (tengah). 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Dadang Kurniawan SIp MHum, meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat melanjutkan dan mengembangkan program Petani Milenial serta memperbanyak program untuk pengembangan pertanian dan kesejahteraan petani di Jawa Barat.

Anggota dewan dari Fraksi Gerindra Persatuan ini mengatakan program Petani Milenial yang bertujuan mendampingi generasi muda dalam berusaha di bidang pertanian ini tidak bisa hanya dilaksanakan dalam satu periode.

Pertanian, katanya, adalah ilmu yang harus dipelajari secara berkelanjutan.

"Kami mengapresiasi Pemprov Jabar yang berinisiatif menggugah minat generasi muda dalam pertanian. Apalagi bukan hanya pertanian, program ini juga meliputi perikanan, peternakan, perkebunan, dan kehutanan. Ini harus berkelanjutan," ujar Dadang Kurniawan di Bandung, Senin (28/2/2022).

Ia mengatakan jumlah penerima manfaat program ini harus diperbanyak.

Kemudian peserta yang telah menjalani program ini tahun lalu harus terus dibina dan menjadi contoh bagi peserta-peserta selanjutnya.

"Pasti ada hasil evaluasi dari program ini tahun lalu. Pastinya ada kekurangan, dan itu harus diperbaiki dan diperkuat titik-titik lemahnya. Kemudian ada kesuksesan, itu harus ditingkatkan dan menjadi contoh bagi yang lain. Karena pertanian ini kan sebuah proses. Kita belajar di sekolah saja kan berkelanjutan," tuturnya.

Anggota dewan dari daerah pemilihan Kabupaten Bandung ini mengatakan program semacam Petani Milenial yang menyambungkan antara petani dengan pembeli ini harus dibuatkan program serupa bagi petani lainnya di Jawa Barat.

"Dengan begitu para petani tidak akan kesulitan mencari pembeli dengan harga yang pantas. Tidak akan ada cerita petani membuang hasil panen karena harganya anjlok. Dengan mempertemukan petani dengan pasar yang sehat, akhirnya petani menjadi sejahtera dan tata kelola pertanian di Jabar semakin baik," katanya.

Dadang berharap Pemprov Jabar pun aktif dalam menyelesaikan permasalahan para petani di lapangan dengan memberikan solusi-solusi efektif.

Jawa Barat, katanya, harus bisa menjadi daerah swasembada pangan dengan tingkat kesejahteraan petani yang tinggi.

Baca juga: Dadang Kurniawan: Diperlukan Solusi Jangka Panjang Agar Kelangkaan Komoditas Tidak Terus Terulang

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved