Kabar Gembira, Kereta Api Garut Segera Beroperasi, Bupati Sebut Kado Ulang Tahun Garut, Ini Rutenya

Masyarakat Garut akan segera menikmati kereta api dari Stasiun Cibatu ke Garut Kota. Bupati Garut Rudy Gunawan, menyebut akan ada uji coba secara teru

Penulis: Sidqi Al Ghifari | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/SIDQI AL GHIFARI
Bupati Garut Rudy Gunawan, menerima secara langsung inspeksi dari Dirjen Perkeretaapian Kemenhub RI, Zulfikri, di Stasiun Cibatu, Kabupaten Garut, Minggu (13/2/2022). 

Laporan kontributor Garut Tribunjabar.id, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Masyarakat Garut tidak lama lagi akan segera menikmati kereta api dari Stasiun Cibatu ke Garut Kota, bahkan dalam waktu dekat jalur Garut ke Stasiun Pasar Senen Jakarta akan segera dibuka.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Garut Rudy Gunawan.

Ia menyebut dalam satu bulan ini akan ada uji coba secara terus menerus di jalur kereta Cibatu-Garut.

Jika proses uji coba itu lancar, maka masyarakat sudah bisa menikmati perjalanan komersial dari Garut ke Jakarta pada bulan Maret mendatang.

"Saya tadi menaiki kereta api yang nyaman, AC-nya sentral, bersih dan longgar, ini top sekali lah untuk Jakarta dari Stasiun Pasar Senen ke Garut," ujarnya saat diwawancarai awak media di stasiun Garut, Minggu (13/2/2022).

Rudy menyebut waktu keberangkatan ke Jakarta sangat ideal dimulai pukul 7:15 WIB dan masyarakat bisa kembali lagi ke Garut pada jam keberangkatan sore hari pukul 17:00 WIB.

Ia menyebut aktifnya kembali jalur legenda Cibatu ke Garut Kota merupakan kado ulang tahun yang istimewa untuk Garut di hari jadinya yang ke 209.

Kursi penumpang kereta api yang akan dioperasikan dari Stasiun Cibatu, Kabupaten Garut, Jabar, Minggu (13/2/2022).
Kursi penumpang kereta api yang akan dioperasikan dari Stasiun Cibatu, Kabupaten Garut, Jabar, Minggu (13/2/2022). (TRIBUNJABAR.ID/SIDQI AL GHIFARI)

"Ya Alhamdulillah ini adalah kado hari ulang tahun Garut yang ke 209, di hari ulang tahun nanti tentunya kami akan mencoba perjalanan dari Garut langsung ke Jakarta," kata Rudy.

Setelah menunggu sekian lama akhirnya reaktivasi kereta tersebut kini sudah di depan mata, hal itu menurut Rudy merupakan keseriusan pemerintah untuk membangun Garut.

"Terima kasih kepada Menteri Perhubungan, dan terutama kepada  Menteri BUMN juga, Dirut PT. KAI, dan terutama kepada Bapak Presiden. Terima kasih., Garut punya kereta api. Mantap," ujarnya.

Baca juga: Bupati Harap Peresmian Kereta Api Cibatu-Garut Bisa Dilaksanakan Bertepatan pada Hari Jadi Garut

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri menuturkan sesuai amanat Undang Undang  RI Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, bahwa setiap mengoperasikan jalur kereta api, pihaknya harus melakukan serangkaian pengujian untuk menjamin safety atau keselamatan dari pengoperasian kereta api nanti.

Ia menyebut dalam beberapa tahap pengujian tersebut masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki dan ditindak lanjuti agar nantinya saat beroperasi sudah memenuhi ketentuan.

"Itu yang sudah kita lakukan dan memang dari hasil pengujian dan juga tadi safety assessment yang dilakukan ada beberapa catatan yang tentunya hal biasa beberapa catatan yang perlu diperbaiki, ditindaklanjuti agar memenuhi ketentuan," ucap Zulfikri.

Dalam masa pengujian selama satu bulan ke depan, ia menyebut masyarakat nantinya akan menikmati kereta secara gratis hingga semua perbaikan dan safety assessment selesai.

Ia menyebut nantinya ada dua lintas pelayanan yang ada di Stasiun Garut, yaitu Garut-Pasar Senen dan Garut-Purwakarta.

Suasana Stasiun Cibatu, Kabupaten Garut, Minggu (13/2/2022).
Suasana Stasiun Cibatu, Kabupaten Garut, Minggu (13/2/2022). (TRIBUNJABAR.ID/SIDQI AL GHIFARI)

"Jadi ada 2 lintas pelayanan jadi dari Senen ini memang diberikan subsidi juga oleh pemerintah dari Senen ke Garut,"

"Dan ada kereta dari Purwakarta juga, Purwakarta (atau kereta) Cibatuan sekarang itu akan masuk ke Garut tidak hanya sampai Cibatu, jadi ada dua seharinya Cibatuan 4 trip yang dari Senen 2 trip mungkin," kata Zulkifli.

Untuk peresmian sendiri, ia meminta masyarakat Garut untuk bersabar karena pihaknya harus melakukan beberapa rangkaian uji coba demi keselamatan penumpang nantinya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved