Para Tokoh Sepakat Ridwan Kamil Pemimpin Nasional Representasi Orang Sunda

Dalam pertemuan di Tahura sejumlah tokoh mendukung Ridwan Kamil berkiprah menjadi pemimpin nasional.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri pertemuan bersejarah di Tahura. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Para tokoh Sunda sepakat mendorong Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk berkiprah menjadi pemimpin nasional.

Dorongan ini muncul karena Ridwan Kamil dianggap sebagai representasi masyarakat sunda.

Rektor Universitas Widyatama Prof Dr H Obsatar Sinaga mengatakan Ridwan Kamil menjadi representasi tokoh Sunda untuk memimpin nasional karena banyak program yang digagas mengembalikan tata nilai kesundaan.

“Contoh ruang terbuka hijau dan sebagainya, itu merupakan tata nilai orang Sunda yang senang menjaga alam, Wanadri paling bagus ada di sini. Jadi kecintaannya terhadap alam, taman, itu tata nilai. Ridwan Kamil saya kira saat ini yang terbaik untuk orang Sunda,” katanya di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir H Juanda, Bandung, Selasa (25/1/2022).

Menurutnya dengan kapasitas yang dimiliki Ridwan Kamil, maka mantan Wali Kota Bandung tersebut layak untuk didorong menjadi pemimpin di tingkat nasional.  

“Sunda adalah Indonesia. Siapapun itu cocok. Orang Sunda singer, di atas pintar, punya kemampuan beradaptasi yang tinggi dan Ridwan Kamil punya karakter itu,” katanya.

Guru Besar Komunikasi Politik pada Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Karim Suryadi mengatakan selama ini orang Sunda tidak memiliki simbol.

Upaya Ridwan Kamil menyatukan Sunda menurutnya patut diapresiasi.

Karena itu pihaknya menilai Ridwan Kamil tepat jika dipresentasikan sebagai tokoh Sunda yang layak jadi pemimpin nasional.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved