PERINGATAN Tsunami di Jepang Hingga Australia, Dampak Letusan Gunung Api Bawah Laut di Pasifik

Letusan Gunung Tonga Hunga Ha'apai di Pasifik Selatan memicu peringatan tsunami ke sejumlah negara; Jepang, Tonga, Selandia Baru, Australia

Editor: Mega Nugraha
Istimewa/Hand Out via Kompas.com
Cuplikan yang diambil dari rekaman satelit Himawari-8 Jepang dan dirilis oleh Institut Nasional Informasi dan Komunikasi (Jepang) pada 15 Januari 2022 menunjukkan letusan gunung berapi yang memicu tsunami di Tonga. - Letusannya begitu kuat hingga terdengar sebagai suara guntur yang keras di Fiji lebih dari 800 kilometer (500 mil) jauhnya.(HANDOUT) 

TRIBUNJABAR.ID- Letusan Gunung Tonga Hunga Ha'apai di Pasifik Selatan memicu peringatan tsunami ke sejumlah negara; Jepang, Tonga, Selandia Baru, Australia hingga Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari Kompas.com, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik sempat mengeluarkan “peringatan tsunami” untuk Samoa Amerika, mengatakan ada ancaman “fluktuasi permukaan laut dan arus laut yang kuat yang bisa menjadi bahaya di sepanjang pantai.”

Peringatan serupa sempat dikeluarkan oleh pihak berwenang di Selandia Baru, Fiji, Vanuatu, Chili dan Australia. Sejumlah pihak berwenang mengatakan, sebagian besar garis pantai, termasuk Sydney, dapat terkena gelombang tsunami.

Tidak hanya itu, peringatan tsunami juga dikeluarkan pemerintah untuk seluruh pantai barat Amerika Serikat karena memicu banjir rendah di Hawaii.

Baca juga: Tsunami Juga Terjang Pesisir Jepang, Dipicu Letusan Gunung Api di Bawah Laut di Pasifik, WNI Selamat

Layanan Cuaca Nasional AS mengeluarkan peringatan tsunami dari California ke Alaska, memprediksi gelombang setinggi dua kaki, arus robekan yang kuat, dan banjir pantai.

Abu naik ke udara setelah letusan gunung berapi bawah laut yang kuat di Pasifik Selatan.
Abu naik ke udara setelah letusan gunung berapi bawah laut yang kuat di Pasifik Selatan. (Tangkapan Layar CNN via Tribunnews)

"Minggir pantai dan keluar dari pelabuhan dan marina di area ini," sarannya.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan “tsunami saat ini sedang diamati” di Hawaii, tetapi mengatakan “tidak ada kerusakan yang dilaporkan dan hanya banjir kecil di seluruh pulau.”

Jepang Dilanda Tsunami

Dampak letusan gunung api di bawah laut pasifik selatan juga memicu tsunami sampai ke Jepang pada Minggu (16/1/2022).

Baca juga: NGERINYA Tsunami di Tonga, Rumah Bergetar Lalu Air Datang Setelah Letusan Gunung Api di Bawah Laut

Kondisi tersebut membuat Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami dan lebih dari 210.000 warga di 7 perfektur untuk menjauh dari pantai.

BMKG Jepang menyebut tsunami yang menerjang bisa diprediksi setinggi 3 meter di beberapa pulau barat daya Jepang termasuk Pulau Amami serta prefektur timur laut Iwate.

Air laut menerjang ke jalanan pantai dan membanjiri kota di Tonga. Tsunami terjadi setelah Hunga Tonga-Hunga Ha'apai, gunung api di bawah laut, meletus.
Air laut menerjang ke jalanan pantai dan membanjiri kota di Tonga. Tsunami terjadi setelah Hunga Tonga-Hunga Ha'apai, gunung api di bawah laut, meletus. (TWITTER @sakakimoana via Tribunnews)

Tsunami 1,2 meter diamati di kota Amami sesaat sebelum Sabtu tengah malam, sementara tsunami 1,1 meter tiba di Prefektur Iwate pada pukul 2:26 pagi hari Minggu.

Menurut badan tersebut, tsunami kecil kurang dari 1 meter diamati di wilayah yang luas dari pantai Pasifik negara itu dari Hokkaido ke Kyushu dan Okinawa.

210 Warga Jauhi Pantai

Halaman
1234
Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved