Breaking News:

Sunarya Terpaksa Jualan Tahu Keliling, Anaknya Kerap Ditipu Calon Tenaga Kerja, Duit Jutaan Hangus

Sunarya atau yang kerap disapa Abah Tahu oleh para pembeli dan tetangganya mengaku berjualan tahu sejak tahun 2011

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Tarsisius Sutomonaio
Tribun Jabar/Irvan Maulana
Abah Tahu sedang melayani pembeli di Gerbang Kawasan BIC Kabupaten Purwakarta, Kamis (31/12/2021). 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA- Sunarya (78) warga Desa Wanakerta, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, terpaksa memikul dagangan tahu dan telur asin.

Sunarya atau yang kerap disapa Abah Tahu oleh para pembeli dan tetangganya mengaku berjualan tahu sejak tahun 2011 setelah sang istri meninggal.

Ketika ditemui Tribun Jabar di gerbang masuk Kawasan Bukit Indah Cikampek (BIC), Bungursari, Kabupaten Purwakarta, pada Kamis (30/12/2021), Abah Tahu mengaku merupakan perantau.

"Abah mulai jualan tahun 2011 pas istri meninggal, di sini (Purwakarta) masih ngontrak, kalau aslinya dari Pagaden, Subang," ujar Abah Tahu.

Ia adalah kakek dari empat cucu, ketiga anaknya sudah berkeluarga dan tinggal di luar kota, sedangkan si bungsu yang kini berusa 25 tahun belum juga berumah tangga, karena sulitnya mencari pekerjaan.

Baca juga: Mangga Gedong Gincu Jadi Primadona Omzet Festival Kopi dan Tahu Sumedang

"Abah masih jualan, karena ada anak bungsu yang masih nganggur, masih jadi beban. Sejak keluar SMK tahun 2014 sampai sekarang belum keterima kerja meski melamar ke sana-sini," kata dia.

Terpaksa, di usia yang sudah renta, Abah Tahu masih harus memikul keranjang tahu untuk membiayai kehidupan sehari-hari dan biaya sewa rumah kontrakan mereka.

"Ya mungkin belum ada jalannya, anak yang bungsu kadang bantu Abah belanja dan nyiapin dagangan pagi-pagi," imbuhnya.

Abah Tahu juga bercerita sang kakak dari putra bungsunya berkali-kali membiayai anak bungsunya tersebut agar bisa masuk kerja.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved