Selama Momen Nataru, Polisi Alihkan Kendaraan ODOL dari Tol Cipularang ke Jalur Arteri

Kendaraan ODOL di ruas Jalan Tol Cipularang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Cimahi, dialihkan ke jalur arteri selama momen nataru.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Giri
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kondisi arus lalu lintas di objek wisata Lembang, Minggu (26/12/2021). Polisi memberlakukan one way saat terjadi kepadatan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Kendaraan sumbu tiga atau truk over dimension over load (ODOL) di ruas Jalan Tol Cipularang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Cimahi, dialihkan ke jalur arteri selama momen Natal dan tahun baru (nataru).

Pengalihan arus kendaraan besar tersebut dilakukan agar arus lalu lintas kendaraan wisatawan yang hendak ke menuju Bandung maupun arah Jakarta tidak mengalami hambatan. 

Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto, mengatakan, pengalihan arus kendaraan sumbu tiga itu sudah dilakukan sejak akhir pekan kemarin atau selama libur Natal.

"Kendaraan sumbu tiga tersebut dialihkan ke jalur arteri yakni Jalan Raya Purwakarta untuk menuju ke arah Jakarta maupun Bandung," ujarnya saat dihubungi, Senin (27/12/2021) 

Nantinya, kata dia, untuk jalan tol diutamakan untuk kendaraan kecil yang akan menuju Bandung atau saat arus balik setelah libur tahun baru menuju Jakarta.

Kendati demikian, pihaknya tidak sampai memberlakukan penyekatan di perbatasan seperti yang sudah direncanakan sebelumnya.

"Sesuai arahan pimpinan, untuk libur nataru ini tidak ada penyekatan di perbatasan untuk kendaraan yang mau masuk ke Cimahi dan Bandung Barat. Tapi diganti dengan pos pelayanan," kata Sudirianto.

Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi pada libur Natal beberapa hari lalu, terjadi peningkatan volume kendaraan hingga 30 persen di ruas Jalan Raya Lembang.

Kebanyakan kendaraan yang masuk kawasan Lembang itu milik wisatawan yang hendak berlibur di objek wisata Lembang

"Untuk libur tahun baru nanti diprediksi akan ada peningkatan, mungkin lebih sedikit dari saat libur Natal kemarin. Kami ingatkan masyarakat yang hendak liburan di Lembang supaya tetap menerapkan protokol kesehatan," ucapnya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved