Ridwan Kamil Ziarah ke Makam Cut Nyak Dhien di Sumedang

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berziarah ke makam perempuan pahlawan nasional, Cut Nyak Dhien di  Gunung Puyuh, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Se

Tribunjabar.id
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berziarah ke makam perempuan pahlawan nasional, Cut Nyak Dhien di Sumedang, Kamis (23/12/2021). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana.

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berziarah ke makam perempuan pahlawan nasional, Cut Nyak Dhien di  Gunung Puyuh, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Sumedang, Kamis (23/12/2021). 

Gubernur mengatakan pengelolaan makam bersejarah itu harus disempurnakan. 

"Saya yang mendesain museum tsunami di Aceh, kemudian teringat ada pahlawan Aceh yang luar biasa, ibu Ratu, ibu Suci, ibu Nyak Dhien. Akan kami sempurnakan pengelolaan makamnya," kata Ridwan Kamil saat diwawancarai TribunJabar.id.

Baca juga: Pemkab Sumedang Bakal Menata Kawasan Makam Cut Nyak Dien, Ini Respon Mensos Risma

Tampak dia melepas alas kaki sebelum masuk sendirian ke arah makam. Dia membawa keranjang berisi bunga, lalu menamburkan bebungaan itu di atas makam. 

Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengatakan pengelolaan makam tersebut erat kaitannya dengan upaya menjadikan makam itu sebagai objek wisata ziarah dan wisata sejarah. 

Renovasi makam diusulkan kepada Gubernur oleh Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir. Rencana renovasi makam adalah pembebasan lahan di bagian belakang makam, sehingga akan ada pintu masuk dari bagian pinggir kompleks makam. 

Baca juga: Foto-foto Rumah Pengasingan Pahlawan Asal Aceh Cut Nyak Dien, Berdiri Indah Dikepung Bangunan Beton

"Ini jadi bukti ya, hubungan sangat erat antara warga Jawa Barat yang sangat mencintai ibu Ratu dengan bangsa aceh yang luar biasa," kata Emil.  

Bagi Sumedang sendiri, wisata ziarah sangat berpotensi untuk membangkitkan perekonomian. 

"Ziarah juga tinggi, kalau ditata akan jadi baik, apalagi nanti jalan tol beres. Nanti wisata sejarah, bisa ke makam ini, ke Kerajaan Sumednag Larang, dan tumbuh ekonomi kreatif," kata Emil. 

Di samping ziarah itu, Emil mengatakan kedatangannya sambil membicarakan sejumlah program yang telah dijalin antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang. 

Dia mengatakan program taman Alun-alun di Sumedang sudah selesai, program Kujang Sapasang di Jatigede juga akan dilanjutkan di tahun depan. 

"Sumedang ini bangkit, anak-anak mudanya jangan ke Bandung terus. Cuman kalau tidak difasilitasi, tidak akan terlihat. Makanya ini diberi gedung  kreatif center senilai Rp20 Milyar," ucap Emil.

Dia meminta anak-anak muda di Sumedang meramaikan gedung tersebut. 

"Anak-anak muda Sumedang aktifkan, ramaikan, lahirkan inovasi dan kreasi, sehingga Sumedang luar biasa," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved