Breaking News:

Menggandeng BPDASHL, Mahasiswa Universitas Telkom Tanam 1000 Bibit Pohon di Desa Karangmulya

Mahasiswa Marketing Communication, Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom menggelar kampanye “Pika Menantree” di Desa Karangmulya (17/12)

Serah terima plakat kerjasama dari mahasiswa Universitas Telkom kepada Desa Karangmulya dan BPDASHL Cimanuk-Citanduy 

TRIBUNJABAR.ID - Mahasiswa Marketing Communication, Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom menggelar kampanye “Pika Menantree” sebuah gerakan penanaman 1000 bibit pohon di Desa Karangmulya, Jumat (17/12/2021).

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara dari ‘Pijar Karangmulya’ yang merupakan bagian dari Urban Village Universitas Telkom yang berfokus pada pengembangan potensi dan pelestarian desa di Jawa Barat, khususnya di Desa Karangmulya, Kecamatan Kadungora, Garut.

Fauzi Zulman, Project manager ‘Pijar Karangmulya’, menyebutkan kegiatan penanaman pohon ini ditujukan sebagai sarana pelestarian alam untuk menunjang pengembangan potensi dan pelestarian di Desa Karangmulya. “Karena kita sebagai generasi muda harus menjaga dan melestarikan lingkungan, dan menjadi penggerak untuk perubahan yang lebih baik,” ungkap Fauzi.

Penanaman bibit pohon pertama oleh Kepala Desa Karangmulya Bapak Edi dan Penyuluh Kehutanan Kecamatan Kadungora Ibu Yuli
Penanaman bibit pohon pertama oleh Kepala Desa Karangmulya Bapak Edi dan Penyuluh Kehutanan Kecamatan Kadungora Ibu Yuli 

Dalam penyelenggaraanya kegiatan dilakukan atas kerjasama dengan pihak Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Cimanuk-Citanduy yang merupakan bagian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Karang Taruna Desa Karangmulya, dan masyarakat desa.

Bibit mahoni dipilih pada kegiatan penanaman yang dilakukan di tanah seluas 1.554 m2 yang terletak di Desa Karangmulya. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Desa Karangmulya, Edi Tito menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon ini sangat bagus dan selaras dengan program pemerintah tentang kepedulian terhadap lingkungan dan penghijauan di Desa Karangmulya. “Kegiatan baik ini harus terus berlanjut dan adek-adek mahasiswa serta warga desa ikut serta melakukan pemeliharaan pohon yang telah di tanam bersama untuk dapat diamalkan dan bermanfaat bagi segenap manusia khususnya bangsa Indonesia,” ajak Edi.

Tim Pijar Karangmulya Urban Village Telkom University
Tim Pijar Karangmulya Urban Village Telkom University ()

Sementara itu BPDASHL Cimanuk-Citanduy yang diwakili oleh Penyuluh Kehutanan Kecamatan Kadungora, Yuli Ekawati S.Hut menyambut baik kegiatan ini. “Kami sangat butuh dukungan dari adek-adek mahasiswa khususnya Universitas Telkom untuk membantu kami dalam penanganan lahan kritis utamanya di Desa Karangmulya dalam menjaga ekologi dan menyimpan ketersediaan sumber air,” ungkapnya.

Selain melakukan penanaman pohon, para mahasiswa juga melakukan kampanye edukasi kepada siswa-siswa SDN 04 Karangmulya untuk mencintai dan merawat lingkungan sekitar, kegiatan tersebut dikemas dengan judul CLBK (Cinta Alam Bersama Karangmulya). Setelah melakukan edukasi kepada siswa-siswi SDN 04 Karangmulya, dilakukan kegiatan workshop bagi UMKM di Desa Karangmulya sebagai bentuk dukungan dan edukasi untuk menuju desa maju. Kegiatan berlangsung pada Kamis (16/12/2021).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved