Breaking News:

Belajar Melukis Bersama Seniman dari Komunitas Cermin Tasikmalaya, Melukis Wajah Itu Mudah

Yang paling sederhana, adalah teknik klasik yaitu melukis wajah dari foto seseorang dengan menggunakan grafis.

Tribun Jabar/ Firman Suryaman
Ketua KCT, Acong (kanan), bersama pelukis muda berbakat, Ahmad Abdurrohman, pada acara workshop drawing di Taman Kota, Minggu (19/12) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Melukis wajah itu mudah. Itulah lontaran pelukis asal Kota Tasikmalaya, Wisnu G Pamungkas, pada workshop drawing yang digelar Komunitas Cermin Tasikmalaya (KCT), Minggu (19/12/2021).

Para seniman KCT yang rutin menggelar festival seni setiap akhir tahun, kali ini menggelar salah satu sesinya yaitu workshop drawing khusus melukis wajah.

"Ini (workshop drawing, Red) salah satu kegiatan festival seni akhir tahun yang rutin kmi gelar," kata Ketua KCT, Ashmansyah Timutiah yang akrab disapa Acong.

Baca juga: Para Seniman Unjuk Kebolehan di Taman Tjimanoek Indramayu, Ada yang Tertaik pada Adat Ngarot

Acara workshop yang digelar di joglo Taman Kota diikuti sejumlah penghobi melukis wajah. Mereka mendapat penyegaran pengetahuan seputar melukis wajah.

"Sebenarnya melukis wajah itu mudah," kata Wisnu disela workshop. Asal mengetahui tekniknya.

Yang paling sederhana, lanjut Wisnu, adalah teknik klasik yaitu melukis wajah dari foto seseorang dengan menggunakan grafis.

"Foto wajah seseorang dibikin garis-garis kotak sama panjang. Dari situ akan terlihat posisi anatomi wajah dari setiap kotaknya. Tinggal kita ikuti," ujar Wisnu.

Jika lukisan ingin diperbesar, tinggal memperbesar ukuran kotaknya. Dijamin lukisan yang dibuat akan mirip dengan aslinya.

Pada acara itu hadir seorang penghobi lukis wajah, Ahmad Abdurrohman. Dengan kemampuan otodidak, pria muda ini mampu melukis wajah mirip aslinya dengan hanya melihat model.

Baca juga: Seniman Akhirnya Dapat Panggung Pentas, Oded Ingin Jadi Tuntunan, Ajak Warga Putus Penularan Covid

Seperti yang dilakukannya pada profil wajah Ketua KCT, Acong. Selama acara berlangsung ia menyelesaikan lukisannya.

Dalam waktu relatif singkat ia sudah selesai membuat sketsa wajah Ketua KCT dan membuat Acong kagum karena kemiripannya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved