Breaking News:

Demo Tol Cisumdawu

Sekda Pastikan Tidak Ada Intimidasi dalam Pengadaan Lahan Tol Cisumdawu, Itu Domain Kantor ATR/BPN

Sekda Sumedang mengatakan tidak ada intimidasi dalam pengadaan lahan Tol Cisumdawu.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: taufik ismail
TRIBUNJABAR.ID/KIKI ANDRIANA
Ratusan warga dari 7 desa di Sumedang, Jawa Barat melakukan penutupan akses lintasan jalan tol Cisumdawu, tepatnya di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jumat (17/12/2021). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman menampik adanya intimidasi terhadap warga dalam pengadaan lahan untuk proyek jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di wilayahnya. 

Menurut Herman, dalam pengadaan lahan tanah untuk proyek jalan Tol Cisumdawu domainnya Kantor Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). 

"Yang kami ketahui dan pahami, semua berjalan normatif dan tidak ada intimidasi," kata Herman Suryatman kepada TribunJabar.id, Sabtu (18/12/2021) melalui pesan singkat. 

Selain itu Herman, menyebutkan, dalam penentuan harga lahan untuk proyek jalan bebas hambatan tersebut dilakukan oleh tim penilai dari Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) sesuai dengan ketentuan dan memperhatikan harga pasaran. 

Kendati demikan, kata dia, jika ada masyarakat yang merasa keberatan diimbau untuk menempuh jalur hukum melalui konsinyasi (penitipan uang) di Pengadilan Negeri. 

"Kami kira wajar saja. Kita negara hukum (rechstaat), bukan negara kekuasaan (machstaat). Penyelesaian dinamika di lapangan seyogyanya dilakukan melalui jalur hukum, dengan terlebih dahulu mengedepankan musyawarah," kata Herman. 

Meski begitu, lanjut Herman, Pemerintah Kabupaten Sumedang memberikan dukungan penuh agar pengadaan tanah untuk proyek strategis nasional jalan tol Cisumdawu ini berjalan lancar dan cepat. 

"Ayo kita bahu membahu dan bergotong royong menyelesaikan berbagai permasalahan sosial sebagai dampak dari pembangunan jalan tol Cisumdawu, " ujarnya. 

Herman menambahkan, pihaknya berencana bakal melakukan rapat evaluasi untuk penyelesaian persoalan di 7 desa yang berunjuk rasa. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved