Survei Eiger: Pandemi Covid-19 di 2021 Melahirkan Banyak Pendaki Baru

Pandemi Covid-19 2021 atau tahun kedua membuat masyarakat lebih banyak berkegiatan di alam bebas. Hal itu berdasarkan survei oleh Eiger

kemping di rancaupas 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Daya beli masyarakat terhadap kebutuhan peralatan berpetualang di alam bebas sangat tinggi pada 2021. Hal itu tercermin dalam tingkat penjualan produk Eiger selama 2021.

Eiger selama ini jadi produsen perlengkapan petualangan atau kegiatan di alam bebas

Manager Customer Experience Eiger Adventure, Imam Ibrahim mengatakan ketertarikan Eigerian, pelanggan Eiger dalam belanja online semakin meningkat, diiringi dengan adanya peningkatan daya beli yang semakin tinggi pada 2021.

"Geliat masyarakat tersebut tergambar lewat meningkatnya traffic online dan toko offline Eiger. Proporsi dari online berkontribusi hampir 15 persen dari total GMV, sedangkan persentase conversion rate pada toko offline mencapai 80 persen," katanya melalui virtual zoom meeting, Kamis (16/12/2021).

Baca juga: Digelar Virtual, Salman Marathon Fest Ajak Masyarakat Hidup Sehat Saat Pandemi dan Peduli Sesama

Tahun depan, pihaknya akan lebih berinovasi dalam penjualan dengan inovasi 'shop from home', program reseller, serta Eiger Adventure Club.

"Eiger kembangkan konsep omnichannel experience yang memungkinkan konsumen tak perlu rasakan pengalaman berbelanja berbeda, baik melalui online maupun offline," ujarnya.

Survei Pandemi 2021 Melahirkan Pendaki Baru

Selama 2021, Marketing General Manager Eiger Adventure, Riadi Suwarno menyebut pihaknya membuka 50 toko street level di berbagai kabupaten di Indonesia. 

Eiger sempat melakukan survey pada masyarakat dalam enam bulan terakhir. Dalam survei tersebut, terungkap aktifiitas masyarakat selama pandemi lebih pada kegiatan di alam bebas. 

Baca juga: Jembatan Terpanjang Dunia Akan Dibangun Eiger di Gunung Gede Pangrango, Kalahkan Rekor di Portugal

"Kami adakan survei ke 3000 responden selama pandemi tiga sampai enam bulan terakhir, banyak konsumen Eiger yang justru baru mencoba kegiatan luar ruang. Sebanyak 49,8 persen responden yang mengaku baru mulai mencoba kegiatan mendaki. Jadi, disimpulkan selama pandemi banyak bermunculan pendaki baru," katanya.

Ada beberapa kegiatan outdoor yang sangat marak di 2021, seperti road trip, trail running, touring, hiking, serta camping.

Tren camping juga dinilai meningkat penjualan produk berkemah Eiger pada tiga bulan terakhir di platform e-Commerce yang berkontribusi sebesar enam persen dari total penjualan atau kurang lebih 6000 produk perlengkapan berkemah laku terjual selama tiga bulan ini.

Chief Executive Officer PT Eigerindo MPI, Christian H Sarsono mengungkapkan untuk 2022 tetap menjunjung #shift sebagai perwujudan strategi bisnis Eiger 'sustainable & smart products, humas experience, integrated experiential commerce, financial soundness dan technology & data driven process'.

"Komunitas juga punya peran penting dalam perjalanan kami, sehingga bentuk nyata kami untuk lebih dekat dengan komunitas ya dengan membuat community platform, yang diharapkan bisa menjadi wadah bagi komunitas untuk saling berbagi kisah perjalanannya," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved