Breaking News:

Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal Dimusnahkan, Hasil Operasi Kantor DJBC Wilayah Purwakarta

Sejumlah Barang Milik Negara (BMN) hasil penindakan bidang cukai pada periode Juli 2020 hingga November 2021, telah dimusnahkan oleh Kantor Pengawasan

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/IRVAN MAULANA
Proses pemusnahan rokok ilegal di Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jalan Akasia II, Kawasan Kota Bukit Indah, Kabupaten Purwakarta, Rabu (15/12/2021). 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Sejumlah Barang Milik Negara (BMN) hasil penindakan bidang cukai pada periode Juli 2020 hingga November 2021, telah dimusnahkan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Purwakarta Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) pada Rabu, (15/12/2021).

Kepala Kantor DJBC Purwakarta Agus Cahyono mengatakan,  pemusnahakan BMN tersebut merupakan komitmen bersama dalam memberantas barang kena cukai yang beredar di wilayah, Purwakarta, Subang, dan Karawang.

"Kami lakukan penindakan periode Juli 2020 hingga November 2021, dimana dalam kurun waktu tersebut kami menindak sebanyak 68 kali penindakan pelanggaran di bidang cukai," ujar Agus seusai pemusnahan BMN di Kantor DJBC WIlayah Purwakarta, Jalan Bukit Akasia II, Kawasan Kota Bukit Indah, Kabupaten Purwakarta.

Baca juga: Warga Miskin Makin Miskin Karena Rokok, Kata Sri Mulyani Pengeluarannya Terbesar Kedua Setelah Beras

Sebagai mana diatur dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai di bidang Cukai, sejumlah barang kena cukai ilegal dimusnahkan.

"Barang yang dimusnahkan adalah penyidikan tindak pidana cukai atas hasil tembakau berupa sigaret (rokok) dengan barang bukti sebanyak 676.200 batang," kata dia.

Selain hasil penyidikan sebanyak 315.112 batang rokok ilegal juga ditetapkan sebagai BMN yang kemudian dilakukan pemusnahan, dan beberapa barang lain yang juga kena cukai, serta denda administratif.

"Keberhasilan penindakan ini tak terlepas dengan sinergi kami, dengan pihak Kepolisian, Kejaksaan, TNI, dan Satpol PP," kata Agus.

Baca juga: Sekda: Peran Masyarakat Jadi Kunci Berantas Rokok Ilegal

Selain pemusnahan yang dilakukan secara simbolis di Kantor DJBC Wilayah Purwakarta secara simbolis, pemusnahan barang yang mengandung etil, alkohol dan e-liquid juga akan dilakukan di PT Harapan Baru Plastik.

"Kami harapkan dengan penindakan berkat sinergitas ini bisa mempercepat pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi Covid-19, serta mendukung upaya pemulihan ekonomi lainnya," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved