Breaking News:

UBK Edukasi Pengelolaan Hypertensi melalui Senam Hypertensi dan Pemanfaatan Tanaman Herbal

Pelaksanaan Pengabdian kepada masyarakat Universitas Bhakti Kencana melibatkan mitra dari Klinik Asyifaa’ Mariuk yang beradadi wilayah tanjungsari

ubk
Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bhakti Kencana 

TRIBUNJABAR.ID - Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular (PTM) yang menjadi masalah kesehatan yang serius saat ini. Kasus hipertensi global diestimasi sebesar 22% dari total populasi dunia. Sekitar 2/3 dari penderita hipertensi berasal dari negara ekonomi menengah ke bawah (Kemenkes, 2019). Di Indonesia, berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 didapati bahwa prevalensi hipertensi mencapai angka 34,11% pada penduduk >18 tahun.

Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bhakti Kencana
Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bhakti Kencana (ubk)

Kabupaten Sumedang merupakan salah satu daerah dengan angka prevalensi penyakit hipertensi yang mengalami peningkatan yaitu tahun 2016 sebanyak 69.328 orang, tahun 2017 sebanyak 71.506 orang, dan tahun 2018 menjadi 84.162 orang (Profil Kesehatan Kabupaten Sumedang, 2018).

Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadi komplikasi pada penderita hipertensi yaitu melalui terapi farmakologi dan nonfarmakologi.

Terapi farmakologis yaitu dengan menggunakan obat-obatan antihipertensi yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah, sedangkan terapi non farmakologis atau disebut juga dengan modifikasi gaya hidup yang meliputi berhenti merokok, mengurangi kelebihan berat badan, menghindari alkohol, modifikasi diet serta yang mencakup psikis antara lain mengurangi stress, olah raga, dan istirahat. Salah satu olah raga yang dapat menurunkan tekanan darah yaitu senam hipertensi.

Pelaksanaan Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan melibatkan mitra dari Klinik Asyifaa’ Mariuk yang berada di wilayah tanjungsari kabupaten Sumedang, serta Puskesmas Gringsing Kab. Batang Provinsi Jawa Tengah.

Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bhakti Kencana
Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bhakti Kencana (ubk)

Kegiatan edukasi dilakukan secara gabungan online melalui zoom meeting dan offline dilokasi Klinik Assyifa Mariuk Sumedang.

Dosen pembimbing di atara lain : 1) Irisanna Tambunan, S.Kep., Ners., M.KM, 2) apt. Yanni Dhiani Mardhiani, M.Bsc, 3) Jumiatun, S.Si., M.Kes. 4) Kosasih, S.Sos., M.Pd, 5) Susan Irawan Rifai, Ners, MAN.

Materi yang disampaikan antara lain membahas tentang pengelolaan hypertensi beserta kondisi yang menyertai, pemanfaatan tanaman herbal yang disampaikan oleh narasumber Dosen dan dokter Kepala Klinik Assyfa,, serta simulasi senam hypertensi dengan melibatkan instruktur dan peserta senam dari kader di lingkungan Klinik Assyfa Sumedang.

Kegiatan ini diharapkan membuka wawasan tentang pengelolaan hypertensi, baik untuk penderitanya dan keluarga pendamping ataupun kader yang ada dilingkungan melalui pemanfaatan tanaman herbal serta senam hypertensi.

ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1
ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1 (ubk)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved