Breaking News:

Pemkot Menggelar Ajang Delegasi Kopi, Wakil Wali Kota Bilang Kopi Bandung Punya Banyak Keunggulan

Untuk meningkatkan nilai ekspor kopi dari Kota Bandung, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung menggelar "Pelatihan Delegasi Kopi Bandung"

Penulis: Tiah SM | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/TIAH SM
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana (kiri) menyaksikan "Pelatihan Delegasi Kopi Bandung" di Bumi Sangkuriang, Jalan Kiputih, Ciumbuleuit, Kota Bandung, Kamis (2/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Untuk meningkatkan nilai ekspor kopi dari Kota Bandung, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung menggelar "Pelatihan Delegasi Kopi Bandung" di Bumi Sangkuriang, Jalan Kiputih, Ciumbuleuit, Kota Bandung , Kamis (2/12).

Pelatihan diikuti oleh 46 peserta diberikan pembekalan terkait product knowledge dari kopinya dan diberikan marketing skill selain dari kemampuannya sebagai barista atau roaster.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meninjau pelatihan dan mencicipi kopi hasil para barista.

Yana menyaksikan demonstrasi proses barista sebelum menyajikan kopi yang disuguhkan dalam cangkir untuk dicicipi, serta mendapat penjelasan terkait proses tersebut.

"Saya sangat mendukung, mengapresiasi bagaimana upaya kita memperkenalkan kopi dari Jawa Barat oleh teman-teman UMKM dari Kota Bandung ini," ujar Yana.

Yana menilai, rasa dari kopi yang dicicipinya juga memang enak dan layak untuk dipromosikan sebagai salah satu keunggulan dari Kota Bandung.

"Meski  kopinya berasal dari sekitar Kota Bandung, tapi  pemasarannya itu banyak dilakukan oleh teman-teman UMKM Kota Bandung," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Regional Luar Negeri Disdagin Kota Bandung Kota Bandung, Bariati Ratna Aju mengungkapkan, kopi termasuk salah satu komoditas ekspor dari Kota Bandung, walau pun Kota Bandung tidak memiliki perkebunan.

"Pengelolaan kopi, packaging kopi, pengolah kopi itu banyak di Kota Bandung, cafe cafe di Kota Bandung itu banyak. Kita mencoba meningkatkan nilai ekspor kopi melalui pengiriman delegasi-delegasi kopi ke mancanegara," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved