Breaking News:

Erick Thohir Tutup 74 Anak dan Cucu Perusahaan BUMN, Didominasi dari Telkom dan Pertamina

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, telah menutup 74 anak-cucu perusahaan pelat merah.

Editor: Darajat Arianto
Tribunnews
Menteri BUMN Erick Thohir 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, telah menutup 74 anak-cucu perusahaan pelat merah.

Terbanyak berasal dari PT Pertamina (Persero), PT Telkom (Persero), dan PTPN Group.

"Kami harus terus melakukan konsolidasi dan efisiensi jumlah dari pada BUMN, anak dan cucu itu terlalu banyak. Karena itu kita sudah menutup 74 anak dan cucu perusahaan BUMN," ujar Erick di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Ia menyebutkan, anak-cucu BUMN yang sudah ditutup di antaranya 26 perusahaan di Pertamina, 24 perusahaan di PTPN Group, dan 13 perusahaan di Telkom. Meski ditutup, Erick memastikan tenaga kerja terserap.

"Apakah ini juga ada pelepasan tenaga kerja? Ya tidak juga karena tentu dengan berkembangnya usaha, tenaga kerja tetap terserap," katanya.

Menurut Erick, banyak anak-cucu BUMN yang tidak efisien sehingga membebani kinerja induk perusahaan. Oleh sebab itu, diperlukan pengurangan jumlah perusahaan untuk tetap menjaga kesehatan keuangan.

"Kan kadang-kadang begini, holding-nya sehat tapi dibuatlah anak cucu yang menyedot keuntungan dari pada holding-nya. Nah ini yang harus kita bongkar dan stop dan kurangi, karena kita ingin membuat holding-holding yang kuat dalam menghadapi persaingan pasar," kata Erick.

Ia pun memastikan, bahwa Kementerian BUMN akan terus menutup anak-cucu perusahaan pelat merah yang tidak efisien.

Oleh sebab itu, ke depan jumlah anak-cucu BUMN yang ditutup akan semakin bertambah.

"Pasti di banyak lainnya masih ada hal-hal yang tidak efisien, kita harus lakukan itu penutupan," katanya. (yohana artha uly)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erick Thohir Tutup 74 Anak-Cucu BUMN, Terbanyak dari Pertamina dan Telkom "

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved