Breaking News:

Pemkot Bandung Usulkan Lima Titik Pengolahan Sampah untuk 2022

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, menyatakan pemerintah pusat memberikan sejumlah bantuan, termasuk pengolahan sampah refuse derive fuel (RDF).

Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, di Balai Kota Bandung, Senin (16/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Pemerintah Kota Bandung mengusulkan beberapa lokasi pengolahan sampah untuk mendukung program pengelolaan sampah di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum pada 2022.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, menyebut lokasi yang diusulkan tersebut adalah Cicukang, Cicabe, Tegalega, Nyengseret, dan Taman Kehati Cibiru.

Dia juga menyatakan pemerintah pusat memberikan sejumlah bantuan dalam program ini, salah satunya pengolahan sampah refuse derive fuel (RDF).

"Mesin RDF kapasitasnya 10 ton per hari. Jadi, sangat berguna sekali," katanya, Kamis (25/11/2021).

Plt Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Sugeng Hariyono, menerangkan bahwa pemerintah pusat memberikan perhatian khusus dalam hal penuntasan masalah sampah, khususnya di DAS Citarum.

Baca juga: Gratis, Buang Sampah Ukuran Besar Bisa Dijemput ke Rumah, Hubungi DLHK Kota Bandung di Nomor Ini

Hal itu tercantum dalam UU Nomor 23 tahun 2014 mengenai urusan pemerintahan bersama dikelola oleh pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

"Khusus masalah wajib, salah satunya pekerjaan umum juga lingkungan hidup termasuk sampah. Pusat melibatkan provinsi dan kabupaten/kota dalam menjalin kolaborasi menangani sampah agar tuntas menyeluruh," katanya.

Kemendagri, ucapnya, turut berperan melalui penyelenggaraan koordinasi rencana teknis pembangunan (Kortekrenbang) sehingga meningkatnya kesejahteraan masyarakat. (*)
 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved