Breaking News:

Panglima TNI Jenderal Andika Mutasi 23 Perwira TNI, Dosen Unhan Jadi Danjen Kopassus, Ini Daftarnya

Ada 23 perwira TNI dari tiga matra yang dimutasi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

SETPRES/AGUS SUPARTO
Panglima TNI terpilih, Jenderal Andika Perkasa (kiri) berpose bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) terpilih, Letjen TNI Dudung Abdurachman, saat hari pelantikan keduanya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021). Presiden Jokowi melantik Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Dudung Abdurachman sebagai KSAD menggantikan Panglima TNI terpilih yang juga dilantik hari ini, Jenderal Andika Perkasa. (SETPRES/AGUS SUPARTO via KOMPAS.com) 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Ada 23 perwira TNI dari tiga matra yang dimutasi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Beberapa yang dirotasi di antaranya adalah yang menduduki jabatan Danjen Kopassus dan Pangdam Iskandar Muda.

Dilansir dari Kompas.com, rotasi jabatan puluhan perwira TNI itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/1029/XI/2021 tentang Pemberhentian dari/dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Baca juga: Panglima TNI Andika Perkasa Janjikan Pendekatan Berbeda untuk Menangani KKB Papua

“Untuk mutasi kemarin, setiap Panglima TNI itu sebetulnya (kerja) Wanjakti (Dewan Kepangkata dan Jabatan Tinggi) ini sudah selesai September. Jadi, Wanjakti itu normalnya dilakukan setiap tiga bulan sekali, dan yang terakhir September kemarin," kata Andika di sela kunjungan ke Markas Besar TNI Angkatan Laut, Jakarta, sebagaimana dikutip dari Antara, Senin (22/11/2021).

"Jadi, yang keluar kemarin itu hasil dari Wanjakti yang sudah disepakati dan dirapatkan, termasuk pergantian Danjen Kopassus menjadi Pangdam Iskandar Muda di Aceh,” lanjut dia.

SK Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/1029/XI/2021, yang mengatur mutasi terbaru di lingkungan TNI, diteken oleh Kepala Sekretariat Umum TNI Brigjen TNI Edy Rochmatullah atas nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada Rabu (17/11/2021).

Dengan adanya mutasi ini maka Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus kini diisi oleh Mayjen Teguh Muji Angkasa menggantikan Mayjen M Hasan. Teguh merupakan lulusan Akademi Militer 1989.

Ia sebelumnya bertugas sebagai dosen tetap Universitas Pertahanan (Unhan).

Sementara itu Hasan yang sebelumnya menjabat Danjen Kopassus saat ini bertugas sebagai Pangdam Iskandar Muda di Aceh.

Sedangkan Mayjen Achmad Marzuki yang sebelumnya menjabat Pangdam Iskandar Muda, dimutasi menjadi Asisten Teritorial (Aster) Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Baca juga: Baru Menjabat Panglima TNI, Jenderal Andika Dapat Surat Cinta dari Mensos Risma, Ini Isinya

Halaman
1234
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved