Breaking News:

Resahkan Warga, Dua Hari Berturut-turut Petugas Damkar Ciamis Evakuasi Sarang Tawon

Dengan menyalakan api hingga berkobar, petugas kemudian menyulutnya ke sarang tawong yang menggantung di pohon mangga tersebut.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Seli Andina Miranti
Istimewa/ Dok UPTD Damkar Satpol PP Ciamis
Petugas Pos WMK Damkar Banjarsari tengah mengevakuasi sarang tawon yang berada di pohon mangga di depan rumah warga di Dusun Neglasari Banjarsari Ciamis, Jumat (19/11) pukul 21.00 malam dengan cara dibakar 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Biasanya kalau petugas pemadam kebakaran datang, apalagi datang menggunakan mobil Damkar dengan raungan sirine, pasti kehadirannya untuk memadamkan api.

Tetapi tidak halnya dengan yang terjadi Jumat (19/11/2021) di Banjarsari Ciamis petugas pemadam kebakaran datang justru untuk menyalakan api.

Tepatnya sekitar pukul 21.00 malam, tiga petugas Pos WMK Damkar Banjarsari mendatangi rumah Boy Ruskandi (63) di Dusun Neglasari Rt 04 RW 02 Desa/Kecamatan Banjarsari datang dengan menggunakan mobil pancar Z 9915 V, bukan untuk memadamkan kobaran api.

Baca juga: Anaknya Tersengat Tawon Vespa, Warga Mundu Cirebon Langsung Telepon Damkar Minta Sarang Dievakuasi

“Petugas datang untuk mengevakuasi sarang tawon,” ujar Kepala UPTD Damkar Satpol PP Ciamis, Wawan, kepada Tribun Sabtu (20/11/2021).

Jumat (19/11) pagi petugas Pos WMK Damkar Banjarsari mendapat laporan dari Pak Boy Ruskandi yang minta tolong petugas mengevakuasi sarang tawong yang menggantung di cabang pohon mangga yang tumbuh di halaman rupanya.

Saat membersihkan halaman rumahnya, Jumat (20/11) pagi, Boy sempat terkejut begitu memergoki ada sarang tawon yang cukup besar di pohon manga yang ada di depan rumahnya tersebut.

Karena takut terjadi hal yang tidak diinginkan yang bersangkutan kemudian melapor ke Pos WMK Damkar Banjarsari. Memohon petugas untuk mengevakuasi sarang tawon tersebut.

“Sarang tawonnya cukup besar juga. Diameternya sampai 70 cm,” katanya.

Untuk evakuasi sarang baru bisa dilakukan Jumat (19/11) malamnya sekitar pukul 21.00. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, biasanya tawon kalau malam tidak bisa terbang jauh kecuali bila ada cahaya. Biasanya tawon mencari cahaya (api) diwaktu malam.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved