Lapas dan Rutan Rawan Penyelundupan Narkotika, Kadivpas Kemenkum HAM Jabar; Ada Bandar dan Pemakai

Kadivpas Kemenkum HAM Jabar menyebut jika Lapas dan Rutan rawan peredaran narkotika karena di dalam merupakan napi yang jadi bandar dan pemakai

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Siti Fatimah
istimewa
Ilustrasi - Pemotor Lempar Bungkusan Sabu-sabu ke Dalam Lapas Banceuy 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Kanwil Jawa Barat, Taufiqurrakhman menyebut jika Lapas dan Rutan rawan peredaran narkotika

Berdasarkan fakta dan pengalamannya selama bertugas sebagai kepala lapas narkotika di Nusakambangan, peredaran narkotika di dalam lapas dan rutan tidak akan bisa putus. 

"Yang namanya upaya penyelundupan narkoba dari luar ke dalam lapas saya jamin sampai kapan pun akan terjadi upaya penyelundupan dari luar ke dalam," ujar Taufiq, dalam keterangannya, Selasa (16/11/2021). 

Baca juga: Lapas Banceuy Musnahkan Barang Bukti Hasil Operasi, Banyak Modus Lempar dari Jalan

Ia mencontohkan, Lapas Bancey yang 85 persen penghuninya merupakan napi penyalahguna narkotika, di dalamnya sudah pasti ada berbagai karakter mulai dari pemakai hingga bandar

"Dengan fakta isinya 85 persen narkoba, kan otomatis keinginan pakai narkoba tetap ada di dalam. Pemakai yang belum taubat, tetap tersugesti. Napi kategori pengedar, bandar melihat pasar bagus di dalam harga dinaikin dikit," katanya. 

"Dengan fenomena itu, saya jamin upaya penyelundupan akan terus terjadi apalagi di luar, masyarakat dengan mudah mendapatkan. Jadi, sampai kapanpun upaya (penyelundupan) tetap ada," katanya.

Baca juga: Respon Lapas Kuningan saat Anak Geng Motor Ngaku Dapat Sabu dari Napi di Balik Sel

Mengatasi masalah peredaran narkotika ini, kata dia, perlu sinergi semua elemen khususnya di dalam lapas.

Kemenkum HAM Jabar sendiri kerap berkoordinasi dengan instansi lain seperti Polri dan BNN. 

"Makanya tadi di sampaikan mari bahu mambahu polisi, BNN dan termasuk masyarakatnya mari kita bahu membahu berantas narkoba," katanya. 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved