Breaking News:

UMK 2022

Janji Bupati Purwakarta Seusai Audiensi dengan Buruh yang Minta Kenaikan Upah 10 Persen Tahun 2022

Bupati Purwakarta melakukan audiensi dengan buruh yang menggelar aksi di hari pahlawan.

Penulis: Irvan Maulana | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Irvan Maulana
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika seusai audiensi di Kantor Pemkab Purwakarta, Rabu (10/11/021). 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Menanggapi aspirasi Alinasi Buruh Purwakarta (ABP), Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan pihaknya siap mengawal tuntutan para buruh di Purwakarta.

"Kami akan kawal sesuai dengan komitmen perusahaan, semua, kan, ada mekanismenya. Nanti aspirasi teman-teman serikat dan perusahaan melalui dewan pengupahan harus ada musyawarah," ujar Anne usai audiensi bersama perwakilan massa unjuk rasa di Kantor Pemkab Purwakarta, Rabu (10/11/2021).

Ia juga meminta dinas terkait untuk memastikan tuntutan para buruh bisa direalisasikan secepatnya.

"Nanti sebelum tanggal 25 November itu harus sudah ada keputusan. Kami tetap akan berpatokan pada peraturan dan regulasi yang ada," kata dia.

Kendati tidak diakui oleh para buruh, ditegaskan Anne bahwa Peraturan Pemerintah Nomor 36 tetap akan menjadi acuan pihak Pemkab untuk regulasi kenaikan gaji.

"Tapi prinsipnya saya tetap mendukung terhadap kenaikan UMK, haruslah, karena ada inflasi dan lain sebagainya masa tidak ada kenaikan," ujarnya.

Ia juga meminta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) serta Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Purwakarta segera memberi data perekonomian.

"Dasar-dasar perhitungan Dewan Pengupahan itu kan ada datanya sisitu, kita akan kejar ke BPS," kata dia.

Terpisah, Presidium ABP Wahyudin Hidayat mengatakan, tuntutan kenaikan tersebut dinilai relevan karena para pengusaha juga sudah diberikan berbagai stimulan dari pemerintah.

"Selain menuntuk kenaikan UMSK, kita juga masih mendengar adanya disparitas upah. Di suatu perusahaan bahkan ada buruh yang gajinya  Rp 2,6 juta, itu jauh sekali dengan UMSK," ucapnya.

Baca juga: Buruh Purwakarta Turun ke Jalan di Hari Pahlawan, Minta Naik Gaji 10 Persen di Tahun 2022

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved