Breaking News:

Hakim PN Karawang Vonis Bebas Warga Korea

Majelis hakim Pengadilan Negeri Karawang menjatuhkan vonis bebas kepada terdakwa warga negara Korea Mr. Chaeil Yang

Editor: Ichsan
dok.rizky hermawan
Hakim PN Karawang Vonis Bebas Warga Korea 

TRIBUNJABAR.ID - Majelis hakim Pengadilan Negeri Karawang menjatuhkan vonis bebas kepada terdakwa warga negara Korea CY, yang didakwa melakukan penipuan terhadap direktur PT. Seongeun Musik, UYC, dalam sidang yang digelar Jumat (5/11/2021).

“Menyatakan terdakwa CY terbukti telah melakukan perbuatan yang didakwakan tetapi bukan merupakan tindakan pidana. Melepaskan terdakwa dari segala tuntutan hukum (ontslag van alle rechts ver volging),” demikian amar putusan yang disampaikan majelis hakim.

Selain itu, majelis hakim yang dipimpin Dwinata Estu Dharma, S.H., M.H., dengan hakim anggota Melda Lolyta Sihite, S.H., M.Hum., dan Seti Handoko, S.H., M.H., dalam putusannya juga memutus memulihkan hak-hak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan, harkat dan martabat.

Baca juga: Gantengnya Bayi Paula Verhoeven dan Baim Wong yang Baru Lahir, Kayak Orang Korea, Ini Akun IG-nya

Terdakwa yang merupakan direktur utama satu perusahaan itu sebelumnya didakwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Karawang dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan atas transaksi jual beli sparepart dengan PT. Seongeun Musik.

CY dianggap tidak memenuhi kewajibannya atas transaksi jual beli sparepart oleh direktur PT. Seongeun Musik, UYC sehingga UYC melanjutkan permasalahannya lewat jalur hukum.

Dalam persidangan, terungkap bahwa CY  telah memenuhi sebagian kewajibannya.

Namun selama masa persidangan, JPU tidak bisa menghadirkan UYC selaku direktur PT. Seongeun Musik untuk dimintai kesaksian di muka persidangan, walaupun telah diberikan waktu beberapa kali oleh majelis hakim.     

Terungkap dalam persidangan bahwa perusahaan tempat CY bekerja telah dinyatakan dalam keadaan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) oleh Pengadilan Niaga pada PN Jakarta Pusat No. 76/Pdt.Sus-PKPU/2021/PN.Niaga.Jkt.Pst akibat gagal bayar atas utang-utangnya kepada kreditor.

Baca juga: BTS Diberi Paspor Diplomatik, Resmi Jadi Utusan Presiden Korea Selatan, Ini Agenda Mereka

Dalam putusan perjanjian perdamaian perkara No. 76/Pdt.Sus-PKPU/2021/PN.Niaga.Jkt.Pst tersebut, PT. Seongeun Musik telah terdaftar sebagai salah satu kreditur. Dimana pendaftaran sebagai kreditur dilakukan Law Firm Indoyang & Partners selaku kuasa dari PT. Seongeun Musik.

Atas putusan majelis hakim tersebut, tim penasihat hukum CY, terdiri Rizky Rismawan SH., CTL., Asep Budianto, SE., SH., MH., CLA., CTL., dan Karunia Fitriadi, SH., menyatakan cukup puas.

“Kami cukup puas atas putusan yang disampaikan majelis hakim. Dengan putusan tersebut, kini klien kami dapat menjalankan bisnisnya dan mendapatkan haknya kembali,” kata Rizky Rismawan, SH., CTL., dalam rilisnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved