Breaking News:

Mentan RI Sebut Sektor Pertanian Tumbuh 2,7 Persen Selama Pandemi Covid-19, Jadi Sektor Menjanjikan

Syahrul menilai pertanian merupakan sektor yang menjanjikan dan diperkirakan bakal membuka lapangan kerja besar-besaran.

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo, bersama sejumlah pejabat saat menghadiri peringatan Hari Pangan Sedunia ke-41 di Desa Jagapura Wetan, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Senin (25/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo, menyebut sektor pertanian dalam negeri tumbuh selama pandemi Covid-19.

Padahal, di masa pandemi Covid-19 sektor lainnya menurun, namun sektor pertanian justru bertumbuh hingga mencapai 2,7 persen.

Karenanya, Syahrul menilai pertanian merupakan sektor yang menjanjikan dan diperkirakan bakal membuka lapangan kerja besar-besaran.

Baca juga: 80 Rumah dan Lahan Pertanian di Tegalbuleud Sukabumi Terendam Banjir, Tersebar di 3 Desa

"Para generasi muda harus memerhatikan sektor pertanian, karena ketahanan pangan ini sangat menjanjikan," ujar Syahrul Yasin Limpo saat ditemui usai peringatan Hari Pangan Sedunia ke-41 di Desa Jagapura Wetan, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Senin (25/10/2021).

Syahrul menyampaikan, terima kasih kepada para petani yang telah bekerja keras sehingga Indonesia mampu menjaga ketahanan pangan selama pandemi Covid-19.

Ia mengatakan, hingga triwulan ketiga 2021 ekspor produk pertanian Indonesia juga meningkat hingga 15,4 persen dibanding tahun lalu.

Menurut dia, hal tersebut merupakan indikator menjanjikannya sektor pertanian bagi generasi muda di masa yang akan datang.

Namun, pihaknya mengakui terdapat tantangan yang harus dihadapi di masa depan, yakni perihal krisis air saat musim kemarau datang.

"Di momen kali ini, saya berpesan agar bijak-bijaklah memanfaatkan sumber air yang ada," kata Syahrul Yasin Limpo.

Syahrul menyampaikan, krisi air tersebut dikarenakan pemanasan global. Bahkan, sejumlah negara yang tergabung dalam G20 mulai menggalakkan pertaniannya.

Baca juga: Demi Pemulihan Ekonomi, ASN Bandung Barat Diwajibkan Beli Produk UMKM dan Hasil Pertanian Lokal

Bahkan, sektor pertanian tersebut juga dikembangkan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan untuk meningkatkan produktivitasnya.

Selain itu, ia juga meminta pemerintah daerah mengedukasi warganya agar mulai menanam tanaman yang dapat menyimpan cadangan air di pekarangan rumahnya.

"Kami juga berharap, sektor pertanian terus tumbuh, sehingga berkontribusi terhadap PDB yang sangat kuat," ujar Syahrul Yasin Limpo.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved