Breaking News:

Peringati Hari Santri, Banyak Lulusan Pesantren Menjadi Aktor Penting di Eksekutif dan Legislatif

di masa kini, para lulusan pesantren mampu mewarnai, dan mengisi pembangunan, menjadi aktor penting baik di ranah eksekutif dan legislatif

Dok. Pesantren Sa’adatuddaroin
Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Pesantren Sa’adatuddaroin, Desa Solokanjeruk, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Jumat (22/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Pesantren Sa’adatuddaroin, Desa Solokanjeruk, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Jumat (22/10/2021) berlangsung meriah.

Peringatan HSN tersebut diikuti oleh kiai, santri, dan masyarakat sekitar. Sebelum upacara, dilaksanakan kirab bersama.

Dalam peringatan HSN di Pesantren Sa’adatuddaroin juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni Islam, dan Pesantren Expo yang menjadi kesempatan bagi para santri menunjukkan karya-karya mereka.

Menurut Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun Syamsurijal, PKB menilai momentum HSN sebagai penegasan, akan peran penting santri bagi masa depan Indonesia. 

"Pesantren merupakan prototipe terbaik sistem pendidikan di Tanah Air. kami akan bangkit melalui dunia santri," ujar Cucun, saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HSN 2021 di Pondok Pesantren Sa’adatuddaroin, seperti dalam rilis yang diterima Tribunjabar.id.

Cucun mengungkapkan, dalam berbagai momentum kritis bangsa ini, pesantren telah terbukti mampu menjadi dinamisator.

"Sekaligus ujung tombak menyelesaikan berbagai persoalan negeri," kata Cucun.

Cucun menjelaskan, para santri dan kiai di masa awal kemerdekaan, mampu menunjukkan militansinya dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

"Di masa kritis saat terjadi berbagai konflik ideologis, santri dan kiai tetap istiqomah mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ucap dia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved