Breaking News:

Pandemi Covid-19, STP NHI Bandung Gelar Wisuda Hybrid, Ada Prosesi Drive Thru Pakai Becak dan Delman

STP NHI Bandung mengundang 9 (Sembilan) mahasiswa perwakilan setiap jurusan untuk melaksanakan prosesi secara drive thru mengendarai delman dan becak

Editor: Siti Fatimah
dok STP
STP NHI Bandung menyelenggarakan Wisuda Tahun 2021 diantaranya dengan melakukan prosesi drive thru mengendarai delman dan becak. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung (STP NHI Bandung) merupakan perguruan tinggi yang bernaung di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan secara teknis akademis dibina oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Plt. Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung, Andar Danova L. Goeltom, S.Sos., M.Sc mengatakan, sebagai sebuah lembaga tinggi milik pemerintah, STP NHI Bandung bertujuan untuk menyiapkan tenaga-tenaga profesional dibidang pariwisata sebagai aset nasional yang berkualitas internasional, kreatif, berjiwa wirausaha berkepribadian Indonesia serta memiliki sikap dan perilaku yang baik.

"Pembangunan SDM menjadi fokus utama pemerintah di Tahun 2021 dan Perguruan Tinggi Pariwisata menjadi pusat inkubasi, pembinaan dan pendidikan insan pariwisata profesional," Katanya.

Baca juga: Sandiaga Uno Minta Sektor Pariwisata Tidak Jadi Penyumbang Pandemi Gelombang Ketiga

Sejalan dengan hal tersebut dalam penyelenggaraan wisuda Tahun 2021 STP NHI Bandung mengusung tema “Mencetak SDM Unggul, Berjiwa Wirausaha, Kreatif dan Inovatif serta Berdaya Saing Global di Masa Pandemi Covid-19”. Jumat (22/10/2021).

Upacara Wisuda Bersama kali ini dilaksanakan secara bersama oleh 6 (enam) Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia secara hybrid (online dan offline) menyesuaikan level PPKM yang ditetapkan di masing-masing wilayah dimana kampus PTNP berada yaitu STP Bandung, Poltekpar
Bali, Poltekpar Medan, Poltekpar Makassar, Poltekpar Palembang, dan Poltekpar Lombok.

Wisuda virtual STP NHI di tengah pandemi Covid-19, Jumat (22/10/2021)
Wisuda virtual STP NHI di tengah pandemi Covid-19, Jumat (22/10/2021) (dok STP)

Pada kesempatan ini Poltekpar Palembang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Wisuda Hybrid Bersama PTNP Kemenparekraf/Baparekraf Tahun 2021.

Setelah mengikuti pelaksanaan pembukaan Wisuda Bersama Hybrid PTNP Kemenparekraf/Baparekraf yang dihadiri langsung oleh
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia beserta rombongan di Palembang pada pagi hari, kegiatan dilanjutkan dengan Prosesi Wisuda kepada seluruh wisudawan/wisudawati di masing-masing PNTP.

Baca juga: Pariwisata Dibuka, Pengunjung TWA Pangandaran Mulai Meningkat, Begini Situasinya

STP NHI Bandung mengundang 9 (Sembilan) mahasiswa perwakilan setiap jurusan untuk melaksanakan prosesi secara drive thru di Lobby Entrance Enhaii Hotel dengan mengendarai delman dan becak.

Mendukung program wirausaha sesuai dengan tagline “Tourism Entrepreneur Campus”, STP NHI Bandung memiliki Unit Enhaiipreneur Center dimana para mahasiswa memperoleh bimbingan langsung selain dari Dosen, Tenaga Pengajar, juga para Coach/Mentor yang merupakan praktisi wirausaha di industri pariwisata. Mahasiswa yang mengikuti program inkubasi wirausaha dapat berdiskusi, mendapatkan arahan dari mentor dalam upaya merealisasikan ide dan gagasan usahanya melalui praktik langsung di Unit Practical Area (UPA) Enhaii Corner 186.

Sesuai dengan tema wisuda tahun ini, maka diharapkan para lulusan STP NHI Bandung dapat menjadi pendorong bangkitnya ekonomi pariwisata dengan penciptaan terobosan baru mengadaptasikan kondisi pandemi untuk pariwisata yang aman dan berkelanjutan juga menciptakan lapangan kerja seluas- luasnya demi keberlangsungan kepariwisataan yang semakin berkualitas di Nusantara.

Jumlah Wisudawan Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung Tahun 2021 sebanyak 544 mahasiswa dari jenjang Pascasarjana hingga Diploma III. Peserta wisuda terdiri dari 15 orang lulusan Pascasarjana, 60 orang lulusan Strata 1, 146 orang lulusan Diploma IV, dan 323 orang lulusan.

Baca juga: Kapolda Jabar Dukung Kebangkitan Pariwisata di Tengah Pandemi Melalui Program Anugerah Desa Wisata

Diploma III. Aie Natasha dari program Studi Akomodasi dan Katering (SAK) serta Bonita Setiawinardi dari program studi Manajemen Pengaturan Perjalanan (MPP) menjadi Wisudawan Terbaik Tahun 2021 dan diwisuda langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bertempat di Poltekpar Palembang.

Plt. Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung, Andar Danova L. Goeltom, S.Sos., M.Sc. berharap penyelenggaraan wisuda ini khususnya untuk para wisudawan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diraih untuk diabdikan bagi pembangunan bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya.

“Tentunya berbagai terobosan perlu dihadirkan dengan membangun budaya akademik yang kondusif didukung dengan pengembangan sarana maupun prasarana pendidikan yang baik untuk meningkatkan kemandirian, kreatifitas mahasiswa dalam
menikmati proses belajar mengajar di STP NHI Bandung. Dalam proses ini pulalah, karakter yang kuat dan multiplikasi kemampuan yang diperlukan turut terbangun dalam setiap pembangunan sumber daya manusia di STP NHI Bandung," Katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved