Polri Tuai Kritik, Ini Daftar Polisi yang Dicopot dan Dimutasi Sepekan Ini, Termasuk Kapolsek Cabul

Bukan karena prestasi, sorotan yang diterima Polri justru berupa kritik dari masyarakat terkait kinerja anggotanya yang tercoreng.

Thinkstock via Kompas.com
ilustrasi polisi 

TRIBUNJABAR.ID - Beberapa waktu terakhir, instansi kepolisian tengah menjadi sorotan.

Bukan karena prestasi, sorotan yang diterima Polri justru berupa kritik dari masyarakat terkait kinerja anggotanya yang tercoreng.

Kritik dan sorotan tersebut menyangkut beragam hal dan mulai ramai usai kasus dugaan rudapaksa di Luwu Timur yang dihentikan polisi.

Yang terbaru, kasus kapolsek tiduri anak tahanan dengan iming-iming pembebasan dan anggota polisi yang periksa paksa ponsel warga.

Baca juga: Polri Viralkan Tagar #PolriSesuaiProsedur, Tandingan Percuma Lapor Polisi? Ini Penjelasan Polri

Dilansir dari Tribunnews.com, merespon sorotan dan kritik dari publik, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya untuk tidak antikritik.

"Jangan anti-kritik, apabila ada kritik dari masyarakat lakukan introspeksi untuk menjadi lebih baik," kata Sigit dalam arahannya kepada jajaran melalui Vicon di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/10/2021).

Ia juga meminta jajarannya untuk menindak anggota yang bertugas tidak sesuai dengan aturan.

"Perlu tindakan tegas jadi tolong tidak pakai lama, segera copot, PTDH, dan proses pidana. Segera lakukan dan ini menjadi contoh bagi yang lainnya. Saya minta tidak ada Kasatwil yang ragu, bila ragu, saya ambil alih," jelas Sigit.

Buntut berbagai kasus tersebut, terdapat sejumlah anggota polisi dimutasi, bahkan ada yang dicopot dari jabatannya.

Berikut ini daftar polisi yang mendapat sorotan hingga kemudian dicopot bahkan dimutasi dalam sepekan ini.

1. Kapolsek Percut Sei Tuan

Kapolsek Percut Sei Tuan AKP Jan Piter Napitupulu yang dicopot dari jabatannya setelah muncul kasus ibu-ibu pedagang sayur dipalak dan dianiaya preman malah jadi tersangka. (Tribun Medan)
Kapolsek Percut Sei Tuan AKP Jan Piter Napitupulu yang dicopot dari jabatannya setelah muncul kasus ibu-ibu pedagang sayur dipalak dan dianiaya preman malah jadi tersangka. (Tribun Medan) ((Tribun Medan))

Kapolsek Percut Sei Tuan, AKP Janpiter Napitupulu dicopot dari jabatannya pada 14 Oktober lalu.

Ia dimutasi ke Yanma Polda Sumatera Utara

Pencopotan AKP Janpiter Napitupulu dari jabatannya merupakan buntut penetapan tersangka terhadap pedagang cabai yang dianiaya preman bernama Liliwari Iman Gea di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved