Breaking News:

Sengkarut Lahan Cibeureum, DPRD Cimahi Bertemu Sejumlah Pihak, Sebut Ada Kerugian Negara

Kasus Tanah Cibeureum Cimahi berlarut-larut. Ada kerugian negara di kasus itu.

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: taufik ismail
Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Penyidik Kejari Cimahi saat menyita lahan Cibeureum, Senin (22/10/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Anggota Komisi ll DPRD Kota Cimahi, Robin Sihombing menuturkan bahwa persoalan lahan Cibeureum yang sudah sangat berlarut-larut, bukanlah persoalan yang tidak dapat diselesaikan.

Untuk itu Robin berharap bahwa nantinya para pihak yang terkait bisa melihat persoalan ini dalam persepsi yang sama untuk kemudian nantinya dibantu pemecahannya bersama-sama. 

"Walaupun sudah masuk ranah pengadilan, itu tidak ada masalah, karena di pengadilan nantinya ada mediasi, ini justru bagus, masuk ke pengadilan itu supaya bisa menyelesaikan persoalan," ujar Robin usai menggelar rapat Komisi ll terkait Lahan Cibeureum di Kantor DPRD Cimahi, Kamis (14/10/2021).

Bagian Pengelolaan Penangan Sengketa (PPS) dari BPN, Dedeh Sa'adah Mariyani, mengatakan bahwa terkait masalah kepemilikan sertifikat tanah Cibeureum milik pemerintah Kota Cimahi melalui Perusda Jati Mandiri, pihaknya tidak memiliki kewenangan apapun karena pihaknya berfungsi hanya sebagai lembaga pencatat saja.

"Seperti yang sudah disampaikan dalam forum, kami bekerja sesuai apa yang ada di datanya. Sertifikat itu sesuai permohonan dan prosedur, apapun itu bentuknya," ujar Mariyani. 

Mariyani menyebutkan bahwa mengenai PT Jati Mandiri yang terkait dalam masalah tanah Cibeureum, pihaknya sedang menunggu hasil, baik saat ini sedang diperkarakan di persidangan ataupun hasil dari mediasi.

"Jadi kami akan mencatat apapun itu yang sesuai dengan keputusan pengadilan dan kami hanya nunggu hasil putusan," katanya.

Ada Kerugian Negara

Berlarut-larutnya masalah Tanah Cibeureum di Cimahi, membuat Komisi ll DPRD Cimahi memutuskan untuk memanggil sejumlah pihak terkait, Kamis (14/10/2021). 

Pertemuan dilakukan tertutup untuk membahas  kasus tanah Cibeureum  yang memiliki luas 29 ribu m2 dan hingga kini masih menjadi polemik berkepanjangan dan sudah masuk perkara perdata di Pengadilan Bale Bandung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved