Breaking News:

Aston, Ketua DKM Riyadul Jannah Ceritakan Awalnya Terapkan Program Buruan SAE dan Bandung Menanam

Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung telah menggulirkan Program Buruan SAE dan Bandung menanam serentak

Dok Masjid As Shidiq
ILUSTRASI Buruan SAE Masjid As Shidiq mendapat kunjungan Menteri BUMN Erick Thohir, Sabtu (9/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung telah menggulirkan Program Buruan Sae dan Bandung menanam serentak di semua kecamatan. 

Salahsatu wilayah di Kecamatan Rancasari tepatnya di Perumahan de Marrakesh, Derwati, telah setahun mengimplementasikan program ini.

Bahkan lebih jauh lagi, di sana sudah dipadukan dengan teknologi untuk hal penyiraman tanamannya.

Ketua DKM Masjid Riyadul Jannah, Aston menjelaskan bahwa pihaknya berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti ITB dan Telkom dengan memodifikasi teknologi untuk sektor pertanian.

"Dahulu kan bercocok tanam itu identik dengan mencangkul. Tapi, sekarang sudah bisa melalui smart farming, semisal pengontrolan dengan penerapan teknologi, penyiraman, dan pemanfaatan sumber energi menggunakan panel surya," katanya di lokasi, Kamis (14/10/2021).

Selain itu, ke depannya sedang dirancang untuk membuat pengendalian hama dengan menggunakan drone, pengendalian suhu ruang, hingga pengendalian unsur hara di tanah.

"Insya Allah blueprint sudah ada dan akan dipersiapkan lebih lanjut," ujarnya.

Penggunaan panel surya, lanjutnya, dapat menghasilkan sebanyak 250 watt. Menurutnya, ideal panel surya untuk di sana sebanyak lima panel. Lantaran baru prototipe, Aston menyebutnya jumlahnya saat ini terbatas. Tetapi, selanjutnya akan terus bekerjasama dengan PT Len untuk menambah dayanya.

"Panel penyiraman di sini untuk beradius 20 meter. Sayur mayur yang ditanam di sini dijual ke warga dan lingkungan secara terbatas. Intinya, penggunaan panel surya dapat mengefisiensikan penggunaan daya dengan berhemat tanpa menggunakan listrik PLN," katanya. (*)

Baca juga: Menteri Erick Thohir Petik Sayur di Buruan SAE Masjid As Shidiq, Mau Duplikat di Masjid-masjid BUMN

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved