Breaking News:

Pilkades Serentak di Purwakarta

Amankan Pilkades Serentak, Polres Purwakarta Kerahkan 1.250 Personel dan Awasi Daerah Rawan Konflik

Polres Purwakarta mengerahkan lebih dari 1.000 personel untuk mengamankan pilkades serentak.

Penulis: Irvan Maulana | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Irvan Maulana
Kapolres Purwakarta AKBP Suhardi Hery Haryanto saat memimpin rakor pelaksanaan Pilkades serentak di Mapolres Purwakarta, Selasa (12/10/2021). 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Hari pemungutan suara pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Purwakarta akan digelar pada Sabtu 16 Oktober 2021.

Forkopimda Purwakarta menyiapkan skema pengamanan dengan menerjunkan ribuan personil.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, pelaksanaan Pilkades serentak ini perlu dipersiapkan secara matang dan terkoordinasi khususnya dalam hal pengamanan.

"Semua pihak yang terlibat agar mampu memberikan pemahaman yang benar, netral, tentu harus aman, dan kondusif agar pilkades nanti dapat berjalan sesuai harapan," ujar Anne usai rapat di Mapolres Purwakarta, Selasa (12/10/2021).

Ia menjelaskan pihak Forkopimda tidak hanya fokus terhadap pencegahan penyebaran Covid-19, tapi hal yang berpotensik konflik juga jadi prioritas.

"Selain upaya pencegahan Covid-19, hal yang berkaitan dengan sengketa Pilkades juga jadi prioritas, karena Pilkades ini merupakan proses demokrasi," kata dia.

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto mengatakan, pengamanan Pilkades menjadi atensi Polres Purwakarta bersama dengan jajaran TNI.

Pihaknya juga telah memetakan daerah-daerah rawan konflik menjelang pelaksaan Pilkades serentak mendatang.

"Kami sudah siapkan beberapa personel baik dari Polda yang membackup kita dalam pengamanannya Pilkades serentak ini, termasuk dari satuan TNI, Satpol PP, maupun dari Polres terdekat seperti Polres Karawang dan Polres Subang," ujar Hery.

Untuk pengamanan, pihaknya menyiapkan sebanyak 1.250 personel yang terjadi dari Personil TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Purwakarta.

Ia berpesan agar masyarakat mengikuti proses demokrasi di tingkat desa itu dengan baik.

"Mari bersama-sama menjaga keamanan lingkungan masing-masing. Pilihan boleh berbeda, tetapi persatuan, persaudaraan, dan kerukunan harus tetap kita jaga," ucapnya.

Baca juga: 1000 Lebih Polisi Diturunkan untuk Amankan Pilkades Serentak Kabupaten Bandung 20 Oktober 2021

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved