Breaking News:

Progres Vaksinasi 50 Persen di Bandung Barat Tak Mampu Bikin Objek Wisata Bisa Dibuka, Ini Alasannya

Progres vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang sudah mencapai 50 persen

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Siti Fatimah
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Pengunjung berada di The Great Asia Africa, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Progres vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang sudah mencapai 50 persen, hingga kini belum berpengaruh terhadap adanya penambahan kelonggaran untuk sektor pariwisata.

Pasalnya, wilayah KBB tidak mengalami penurunan level dalam menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) setelah kebijakan ini kembali diperpanjang, sehingga KBB tetap menerapkan PPKM Level 3 dan objek wisata belum dibuka.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, David Oot mengatakan, karena objek wisata belum dibuka, pihaknya harus melakukan antisipasi dan pengawasan agar objek wisata yang belum ujicoba pembukaan tidak membuka operasional.

Baca juga: Kabar Gembira Bagi Wisatawan, Pemkab Sumedang Segera Uji Coba Pembukaan Destinasi Tempat Wisata

"Kita tetap berdasar aturan yang tertuang dalam surat edaran pak Plt Bupati Bandung Barat tentang PPKM ini. Jadi, yang perlu diantisipasi yaitu objek wisata yang belum ujicoba, tapi sudah mulai buka," ujarnya saat dihubungi, Rabu (6/10/2021).

Untuk saat ini, baru tiga objek wisata yang sudah melakukan ujicoba pembukaan itu sesuai instruksi dari pemerintah pusat yakni, The Great Asia Africa (TGAA), Farm House, dan The Lodge Maribaya.

Sementara salah satu syarat agar objek wisata bisa dibuka, kata David, wilayah KBB ini harus sudah menerapkan PPKM Level 2 yang ditentukan dengan progres vaksinasi Covid-19.

"Kalau Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) untuk bisa turun level dari 3 ke 2 itu bukan berdasarkan BOR lagi, tapi ditentukan progres vaksinasi," kata David.

Baca juga: Kendaraan yang Menuju Ciwidey Rancabali Meningkat, Namun Kondisi Objek Wisata Biasa Saja

Atas hal tersebut, pihaknya akan membantu mempercepat progres vaksinasi di Bandung Barat dengan cara mengadakan wisata vaksin di beberapa objek wisata.

"Kami sudah mengadakan wisata vaksin dimana-mana. Nanti, kita tambah lagi 2 lokus selain di 7 lokus yang sudah dilaksanakan, nanti akan ditambah di Lembang Park Zoo dan Kampung Daun," ucapnya.

Sebelumnya, Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, mengatakan, jika persentase vaksinasi tercapai 50 persen, maka dapat mendongkrak posisi KBB ke level 2 dalam menerapkan PPKM yang saat ini level 3.

"Tadi saya perintahkan ke pak Sekda sebagai Ketua Harian Satgas Covid-19 dan Kadinkes untuk menyelesaikan Vaksinasi dalam 10 hari, supaya target kita bisa 50 persen. Kemudian level 2 dan wisata bisa buka," katanya, beberapa waktu lalu.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved