Breaking News:

Kota Bandung Masuki Musim Hujan, Waspada Penyakit DBD, Jangan Sampai Genangan Jadi Sarang Nyamuk

Memasuki musim penghujan warga Kota Bandung diimbau waspada penyakit demam berdarah dengue (DBD).

syarif pulloh anwari/tribun jabar
Petugas sedang melakukan fogging (pengasapan) kerumah warga dalam mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah RW1, Kelurahan Kujangsari, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Senin (4/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Memasuki musim hujan warga Kota Bandung diimbau waspada penyakit demam berdarah dengue (DBD). Biasanya DBD ini diakibatkan dari gigitan nyamuk aedes aegypty. 

Kadinkes Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengungkapkan kondisi saat ini yang terkadang hujan dan terkadang hilang menyebabkan timbulnya sejumlah genangan. Hal itulah yang perlu diwaspadai masyarakat.

"Musim hujan ini kami harus waspada pada DBD yang biasanya muncul genangan air dan menghadirkan sejumlah jentik nyamuk. DBD ini penyakit menular dan setiap tahunnya selalu ada," katanya di Balaikota, Selasa (5/10/2021).

Penularan penyakit DBD ini, Ahyani Raksanagara menyebut sangatlah cepat sesuai dengan musim. Dia juga mengatakan setiap harinya selalu ada laporan terkait DBD di Kota Bandung. Namun, jumlah penularannya dengan tahun lalu dinilai masih sama.

Baca juga: Manajemen Persib Bandung Akhirnya Luluh, Ajak Bobotoh Bertemu Usai Dikritik dan Aksi Menjual Robert

"Dari data kami DBD tahun lalu dengan bulan yang sama enggak ada kenaikan kasus. Saya kira masih sama jumlahnya dengan tahun lalu. Intinya, enggak ada lompatan kasus," katanya.

Adapun upaya yang dilakukan Dinkes Kota Bandung, katanya meminta puskesmas-puskesmas untuk siaga dan utamanya kepada kader jumantik untuk segera bergerak.

"Jika ada yang terjangkit (DBD) maka kami mulai fogging," ujarnya.

Selain DBD, kata Ahyani, penyakit lainnya yang harus diwaspadai ialah TBC (tuberkolosis). Penyakit tersebut dia mengingatkan untuk tak dilupakan, sebab penyakit itu merupakan tantangan Indonesia hingga saat ini. 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved