Breaking News:

Beri Wadah informasi Bagi Badan Usaha, BPJS Kesehatan Soreang Hadirkan Ruang BU

Guna memberikan kemudahan bagi badan usaha untuk mendapatkan informasi terhadap Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BP

Beri Wadah informasi Bagi Badan Usaha, BPJS Kesehatan Soreang Hadirkan Ruang BU 

TRIBUNJABAR.ID, Soreang, Jamkesnews – Guna memberikan kemudahan bagi badan usaha untuk mendapatkan informasi terhadap Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Soreang menghadirkan Ruang Badan Usaha (Ruang BU).

Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Soreang, Rani Mardiani mengatakan Ruang BU dihadirkan mengingat hingga saat ini kondisi pandemi Covid-19 belum usai, namun pemberian informasi Program JKN-KIS tetap harus tersampaikan.

"Walaupun Covid-19 belum berakhir, BPJS Kesehatan Cabang Soreang terus berupaya untuk mengedukasi masyarakat khususnya badan usaha untuk tetap terus mendapatkan informasi-informasi mengenai Program JKN-KIS. Jadi terciptalah inovasi yang bernama Ruang BU, dengan memberikan informasi terkait Program JKN-KIS yang dilaksanakan secara virtual atau online," ucap Rani membuka pelaksanaan Ruang BU, Kamis (30/9).

Rani menjelaskan, Ruang BU nantinya rutin dilaksanakan dengan tema-tema berbeda setiap kegiatannya diantaranya informasi Program JKN-KIS secara umum khususnya segmen badan usaha, aplikasi-aplikasi pendukung bagi PIC badan usaha, dan Pelayanan Kesehatan serta hal-hal lain yang dianggap perlu untuk disampaikan kepada peserta JKN-KIS segmen badan usaha.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu peserta yang mengikuti Ruang BU, Juniati Lestari mengatakan sangat mengapresiasi langkah BPJS kesehatan Cabang Soreang yang telah menghadrikan Ruang BU sebagai wadah bagi badan usaha untuk mendapatkan informasi seputar JKN-KIS di masa pandemi. Menurutnya, Ruang BU tersebut bisa membantu menambah pengetahuan terkait Program JKN-KIS.

"Tentunya dengan adanya Ruang BU, menambah pemahaman kami sebagai PIC dari badan usaha terkait Program JKN-KIS. Hal ini sangat berguna sekali, apalagi jika ada teman-teman kami yang bertanya, tentunya kami sebagai PIC harus dapat menjelaskan dengan benar," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehata Cabang Soreang, Nova Muliawati menjelaskan BPJS kesehatan terus menggalakkan skrining riwayat kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN bagi peserta JKN-KIS yang sehat. Skrining Riwayat Kesehatan ini untuk mengetahui 4 kategori penyakit kronis antara lain DM, Hipertensi, Ginjal Kronik, dan Jantung Koroner.

“Kami mendorong bagi PIC badan usaha untuk ikut memberikan pemahaman kepada seluruh pekerjanya terkait dengan skrining kesehatan. Apabila sudah melakukan skrining riwayat kesehatan secara mandiri dan mendapatkan hasil risiko sedang atau tinggi, maka peserta JKN-KIS bisa datang dan melaporkan hasil tersebut ke FKTP untuk mendapatkan skrining lanjutan. Apabila mendapatkan hasil risiko rendah, maka peserta JKN tetap terus menjalankan perilaku hidup sehat,” tutup Nova. (BS/HS)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved