Breaking News:

Mural dan Sketching di Perkotaan Bisa Jadi Peluang Menarik Untuk Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Banyak potensi yang dapat dimaksimalkan dalam industri pariwisata, salah satunya adalah urban tourism melalui adalah mural dan sketching di perkotaan.

TRIBUN JABAR
Salah satu sudut di kampung Cibunut 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Era digitalisasi membuat generasi masa kini lebih tertarik untuk berlibur ke kota yang memiliki lokasi menarik untuk dijadikan konten dalam media sosialnya.

Di tangan para generasi masa kini, sebuah unggahan konten yang dibuat dan diunggah memiliki potensi yang cukup tinggi untuk membuat daerah tersebut ramai untuk dikunjungi.

Banyak potensi yang dapat dimaksimalkan dalam industri pariwisata, salah satunya adalah urban tourism, dimana potensi yang bisa dimaksimalkan adalah mural dan sketching di perkotaan.

Ketua Komunitas Mural Bandung, Alga Indria mengatakan, mural dapat menjadi salah satu peluang yang menarik dalam wisata perkotaan.

Menurutnya, mural bukan hanya sekedar menggambar di dinding tapi juga untuk memberikan rasa kepemilikan dari masyarakat melalui wisata perkotaan.

"Urban Eco-Wellness Tourism sebagai kegiatan kepariwisataan yang memanfaatkan fasilitas pendukung kota di dalam kawasan. Pemanfaatan ruang publik ini dapat digunakan kegiatan wisata di perkotaan," kata Alga dalam webinar Unpad Tourism Day 2021, Senin (27/9/2021).

Ia memberikan contoh karya mural yang menjadi daya tarik wisata di Bandung adalah Kampung Cibunut di Jalan Cibunut, Kebon Pisang.

Dalam pembuatan mural ini, Alga pun berpartisipasi dengan membuat mural di 9 RT dalam satu RW di kawasan tersebut.

"Setiap RT di sana memiliki tematik yang berbeda, sehingga jika ada wisatawan yang baru kesana mudah untuk diarahkan," ucapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved