Breaking News:

Kisah Roni Bocung, Dirikan Viking Karawang, Awal Cuma 20 Orang, Kini Jadi Fans Persib Terbanyak

Roni Bocung saat awal mendirikan Viking hanya beranggotakan 20 orang kini menjadi fans Persib terbanyak di Indonesia

Penulis: Cikwan Suwandi | Editor: Siti Fatimah
Roni Bocung- Roni Bocung saat awal mendirikan Viking hanya beranggotakan 20 orang kini menjadi fans Persib terbanyak di Indonesia. 

TRIBUNJABAR.ID,KARAWANG- Sejak duduk sekolah di SMK, sekira tahun 1997, Roni Suryadi (40) atau lebih dikenal Roni Bocung menjadi penggemar Persib Bandung.

"Kalau senang sama Persib itu sejak Tahun 1997, saat itu saya masih sekolah STM (SMK)," kata Bocung kepada Tribun Jabar di Taman I Love Karawang, Senin (20/9/2021).

Bocung bercerita, awal mula dibentuknya Viking Karawang. Saat itu Tahun 2005, ketika Bocung bertemu kawan-kawan satu pekerjaan yang juga hobi dan cinta terhadap Persib Bandung.

Baca juga: Kick Off Liga 1 27 Agustus, Ketua Viking Heru Joko Minta Bobotoh Persib Patuhi Protokol Kesehatan

Lalu ditambah, dia bertemu dengan satu keluarga yang juga penggemar berat Persib. "Lalu saya mulai urus-urus ke ke Viking Persib Club, maka di Tahun 2006, distrik Karawang pun terbentuk," katanya.

Ia mengingat saat itu anggota Viking hanya berjumlah 20 orang saja. Kemudian, tak disangka penambahan anggota pun semakin banyak, hingga saat ini yang secara resmi yang telah dilakukan perbaruan kartu anggota sebanyak 2.363 anggota.

"Kalau kita hitung, yang tidak memiliki kartu KTA itu sebanyak 20 ribuan. Saat ini distrik Karawang Viking paling banyak anggotanya," katanya.

Baca juga: Liga 1 Segera Bergulir, Ketua Viking Persib Club: Alhamdulillah, yang Ditunggu Semua Orang

Bocung sendiri menjadi Ketua Viking Karawang selama dua periode, dari Tahun 2007 dan Tahun 2009.

Saking cinta Persib Bandung, tiga anak Bocung pun diberi nama dengan berbau Persib. Anak pertamanya ia namai Zahara Vika Destiani (14), lalu anak keduanya ia namai Shaqeela Umaiza Albiru (2,5), sedangkan anak bungsunya ia namai Sultan Vikar Alfatih (8 bulan).

"Vika itu arti dari Viking Karawang karena perempuan itu namanya Vika, kalau laki-laki Vikar, artinya sama Viking Karawang. Kalau Albiru itu biar dari warna khas Persib," katanya.

Baca juga: Ulang Tahun Ke-28 Viking Persib Club, Tak Ada Perayaan, Herru Joko Juga Bicara soal The Jak Mania

Militansi Viking Karawang

Bocung mengungkapkan, militansi Viking Karawang sudah tidak diragukan lagi. Dimana pun Persib Bandung bermain selalu ada perwakilan yang menonton di tribun stadion secara langsung.

"Mau main di kandang, di pulau Jawa atau luar Jawa hingga internasional, perwakilan Viking Karawang selalu ada," katanya.

Baca juga: Nasib Kampung Persib Kini, Cat Biru Sudah Diganti Warna Lain, Ini Rencana Viking Inheren ke Depan

Bocung akui, jika lirik lagu Pas Band berjudul Aing Pendukung Persib memang benar terjadi.

Ketika itu Bocung menjadi panitia untuk perjalanan, bahkan ada seorang pendukung yang menggadaikan tabung gas hingga sepeda motornya untuk mendapatkan tiket dan perjalanan menonton Persib secara langsung.

"Jadi memang benar, sesuai dengan lagu itu," katanya. 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved