Breaking News:

STNK Hilang? Begini Cara untuk Mendapatkannya Lagi, Bisa Diurus ke Samsat

Pernah kehilangan surat tanda nomor kendaraan (STNK)? STNK merupakan dokumen penting selain bukti pemilik kendaraan bermotor (BPKB).

Editor: Giri
Istimewa
Beberapa surat-surat berkendara yang wajib dibawa saat mengendarai sepeda motor seperti STNK, SIM dan KTP. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Pernah kehilangan surat tanda nomor kendaraan (STNK)? STNK merupakan dokumen penting selain bukti pemilik kendaraan bermotor (BPKB).

Surat yang memuat beberapa informasi mulai dari bukti pendaftaran serta pengesahan kendaraan ini wajib dibawa oleh setiap pengendara.

STNK juga bisa menjadi bukti bahwa kendaraan yang digunakan adalah resmi dan terdaftar, atau bukan barang curian saat terjadi razia atau pemeriksaan kendaraan.

Meski para pengendara sudah mengetahui fungsi penting dari STNK, namun tidak sedikit dari mereka yang teledor hingga lupa menempatkan atau menghilangkannya di tempat yang tidak diketahui.

Bagi pemilik kendaraan yang mengalami kejadian STNK hilang tidak perlu panik, pasalnya surat duplikat bisa diterbitkan kembali oleh kantor sistem administrasi manunggal satu atap (Samsat).

Humas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta, Herlina Ayu, mengatakan, untuk mengurus STNK yang hilang ada beberapa syarat yang harus dipatuhi oleh pemilik kendaraan.

“Untuk STNK yang hilang bisa diurus ke samsat. Syaratnya surat kehilangan STNK dari kepolisian, fotokopi eKTP dan asli, fotokopi STNK jika ada, serta BPKB,” ujar Herlina belum lama ini kepada Kompas.com.

Pemilik kendaraan juga perlu meminta formulir permohonan untuk membuat STNK baru.

Untuk kendaraan yang belum lunas dan BPKB masih di tempat leasing maka pemilik kendaraan bsia meminta fotokopi BPKB yang dilegalisasi dari leasing.

Selain itu, surat keterangan dari leasing juga diperlukan sebagai dokumen untuk pengajuan STNK baru.

Halaman
123
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved