Breaking News:

PPKM Diperpanjang

PPKM Diperpanjang, Purwakarta Naik Jadi Level 4, Sekda : Hanya Pekan Ini Saja

Sekda mengatakan Purwakarta hanya PPKM Level 4 pekan ini saja. Aturan yang diterapkan pun masih Level 2.

Penulis: Irvan Maulana | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/ Dwiky Maulana Vellayati
Petugas Gabungan Kabupaten Purwakarta pada saat melakukan sosialisasi serta penyekatan di Jalan Pramuka Exit Tol Jatiluhur, Purwakarta, beberapa waktu lalu. 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Terjadi kesalahan pendataan jumlah kasus positif Covid-19 dan angka kematian Covid-19 di Purwakarta.

Akibatnya Purwakarta ditetapkan naik ke level 4 dalam perpanjangan PPKM darurat Jawa-Bali hingga 20 September 2021.

Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta, Iyus Permana mengatakan, hal itu merupakan imbas dari kebijakan baru yang mengharuskan setiap data di daerah diunggah ke platform baru milik Kemenkes.

"Dulu kami update data harian yang positif, kematian, kesembuhan itu hanya di Pikobar Jabar, tapi sekarang harus diupload juga di NAR, jadinya ada kekeliruan yang membuat selisih data cukup jauh," ujar Sekda ketika dikonfirmasi Tribun melalui pesan tertulis, Selasa (14/9/2021).

Aplikasi New All Record (NAR) merupakan aplikasi yang terintegrasi milik Kemenkes RI, yang berfungsi untuk mengoptimalkan pendataan, mencegah penyalahgunaan maupun pemalsuan dokumen hasil tes PCR maupun vaksinasi.

Aplikasi NAR sendiri sudah terintegrasi dengan aplikasi Pedulilindungi dan e-HAC yang sebelumnya sudah digunakan.

Sementara mengenai jumlah kasus Covid-19 yang mengalami selisih data, Iyus mengatakan angkanya cukup jauh, karena saat menginput data dihitung secara total.

"Jadinya kasus kematian di Purwakarta selisih sampai 148 angka. Padahal itu data gabungan dari yang tidak terlaporkan. Aslinya kasus aktif itu hanya 47 orang per tanggal 13 September, kasus kematian bahkan sudah hampir 3 hari ini enggak ada, jadi selisih lumayan jauh," kata dia.

Iyus mengungkapkan, akibat data tersebut pemerintah pusat menilai terjadi lonjakan kasus di Purwakarta, sehingga dalam perpanjangan PPKM Purwakarta naik status PPKM menjadi level 4.

Kendati demikian dikatakan Iyus, status kenaikan level tersebut hanya berlaku pada pekan ini.

Setelah perbaikan data pada evaluasi berikutnya level PPKM Kabupaten Purwakarta akan turun kembali.

"Sekarang juga terus ada perbaikan dan update data. Nanti evaluasi berikutnya sudah normal lagi di level 2, hanya pekan ini saja untuk level 4. Seperti kebijakan pemerintah pusat, Purwakarta saat ini tetap menerapkan PPKM level 4, namun aturan yang berlaku seperti di level 2," ucapnya.

Baca juga: Dari Level 2 Purwakarta Tiba-tiba Jadi Masuk PPKM Level 4, Ini Penjelasan Sekda, Ada Kesalahan

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved