Breaking News:

Dari Level 2 Purwakarta Tiba-tiba Jadi Masuk PPKM Level 4, Ini Penjelasan Sekda, Ada Kesalahan

Ini alasan Pemkab Purwakarta mengapa wilayahnya tiba-tiba masuk PPKM Level 4.

Penulis: Irvan Maulana | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/ Dwiky Maulana Vellayati
Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Purwakarta Iyus Permana saat Menghadiri Perayaan HUT ke-75 Bhayangkara di Polres Purwakarta. 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali kembali diumumkan oleh pemerintah pusat.

Perpanjangan tersebut berlangsung hingga 20 September 2021 mendatang.

Selain perpanjangan, beberapa kabupaten/kota juga mengalami penurunan maupun peningkatan status zona PPKM, termasuk Kabupaten Purwakarta.

Purwakarta pekan lalu tercatat di level 2, namun dalam perpanjangan PPKM darurat pekan ini Purwakarta naik ke level 4.

Sekretaris Daerah sekaligus Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Iyus Permana mengatakan, kenaikan status menjadi PPKM Level 4 terjadi akibat dilakukan cleansing data oleh Kementerian Kesehatan.

Setiap daerah harus mengisi atau memasukkan data kasus hingga kematian akibat Covid-19 ke aplikasi New All Record (NAR).

"Dari cleansing data dan pengisian itu terjadi kekeliruan data yang mengakibatkan Kabupaten Purwakarta menjadi PPKM Level 4," kata Iyus ketika dikonfirmasi melalui pesan tertulisnya, Selasa (14/9/2021).

Awalnya Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta melaporkan seluruh kasus dan kematian secara berkala hanya pada aplikasi Pikobar Jabar.

Namun, kini keluar kebijakan baru di mana seluruh data harus dilaporkan melalui NAR dan NAR ini bisa diakses untuk umum.

"Pada saat cleansing data kemarin seluruhnya dilaporkan. Memang sebelumnya jomplang antara data di NAR dan Pikobar. Karena akses ke aplikasi NAR masih terbatas, tapi cleansing ini disesuaikan lagi datanya, semua data dimasukkan," kata dia.

Iyus mengatakan, hal itu membuat kasus Covid-19 dan kematian akibat Covid-19 di Purwakarta seolah tinggi, oleh sebab itu Pemerintah Pusat menaikan status level 4 dalam perpanjangan PPKM.

Baca juga: Dua Daerah di Jawa Barat yang Harus Terapkan PPKM Level 4, Termasuk Kabupaten Cirebon

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved