Breaking News:

Jagaraksa Porang Cianjur Pakai Teknik Manual dan Super Intensif Tanam Porang, Hasilnya Lebih Banyak

Petani porang Cianjur mengembangkan tanaman porang dengan dua teknik yakni manual total dan super intensif dalam persiapan lahan dan bibit yang ditana

Penulis: Ferri Amiril Mukminin | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/FERRI AMIRIL MUKMININ
Jagaraksa Porang Cianjur persiapkan lahan untuk penanaman porang. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Petani porang Cianjur mengembangkan tanaman porang dengan dua teknik yakni manual total dan super intensif dalam persiapan lahan dan bibit yang akan ditanam.

Persiapan lahan manual dengan menggunakan hampir 80 persen tenaga manusia dalam persiapan lahan dan bibit yang digunakan dari umbi.

Secara umum super intensif menggunakan mesin dalam persiapan lahan dan pemilihan bibit dari katak atau bagian buah porang dengan pengadaan sprinkle atau air semprot untuk menjaga kelembaban tanah.

Dalam hal agen hayati seperti jamur dan bakteri untuk menyuburkan tanah hampir sama dilakukan antara manual dan super intensif.

Bagian budidaya dan marketing Jagaraksa Porang Cianjur, Uci Sanusi, mengatakan pihaknya saat ini menyiapkan lahan seluas enam hektare di tiga kecamatan berbeda.

Pertama seluas dua hektare di Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, di lokasi ini bibit dipersiapkan dari umbi dengan teknik manual.

"Lokasi kedua berada di perbatasan Sukanagara dan Kadupandak, di tempat tersebut dipersiapkan lahan untuk teknik super intensif, luas lahannya hampir sama," kata Uci, ditemui di kebun Kampung Pasir Monyet, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu, Minggu (12/9/2021).

Uci mengatakan, tempat ketiga berada di Cintaasih Kecamatan Gekbrong, di lokasi ini  persiapan lahan hampir sama dengan di Sukaluyu menggunakan teknik persiapan lahan manual dan bibit dari umbi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved