Breaking News:

Harga Chip Porang Anjlok, Bandar di Ciamis Sementara Berhenti Tampung Umbi Porang dari Petani

Di Ciamis tidak hanya umbi porang saja yang turun drastis. Ternyata harga chip porang juga anljok, dari Rp 48.000/kg turun jadi Rp 34.000/kg.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/ANDRI M DANI
Umbi porang yang sudah diiris-iris tipis dijemur sampai kering dan menjadi chip di pabrik pengolahan milik H Ihsan Kamil di Nagrak Ciamis. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Di Ciamis tidak hanya umbi porang saja yang turun drastis. Ternyata harga chip porang juga anljok, dari Rp 48.000/kg turun jadi Rp 34.000/kg.

Chip merupakan umbil porang yang diiris kemudian dijemur atau dioven hingga kering. Dari 6 sampai 7 kg umbi porang mentah setelah diiris-iris tipi dan dijemur selama 5 hari di bawah  terik matahari atau dioven akan mengjhasilkan 1 kg chip.

Namun sejak bulan Juli lalu harga chip porang terus menerus turun, dari harga semula ksaran Rp 44.000-Rp 48.000/kg dalam dua bulan turun  jadi Rp 34.000/klg.

“Di minggu kedua September ini harga chip porang hanya Rp 34.000/kg. Harga chip turun sejak Juli lalu,” ujar H Ihsan Kamil, bandar penampung porang yang juga pemilik pabrik chip porang yang berlokasi di Nagrak Ciamis kepada Tribun Minggu (13/9) siang.

H Ihsan menampung umbil porang tidak hanya dari petani di Ciamis saja tetapi juga dari daerah lain seperti Tasikmlaya, Garut, Majalengka, bahkan juga dari Sukabumi.

“Darimana saja umbil porang saya tampung. Tapi bulan September saya setop dulu. Tidak menampung umbi porang,” katanya.

Alasan H Ihsan berhenti dulu menampung umbi porang dari petani menurut H Ihsan karena pabrik pengolahan chip porang di Semarang bulan September ini berhenti produksi.

Selain mengolah umbil porang hasil bercocok tanam sendiri, H Ihsan juga menampung umbi porang dari petani untuk diolah jadi chip porang di pabriknya di Nagrak Ciamis.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved