Breaking News:

Pak Uu Bicara Prospek Jabar Selatan, Genjot Potensi Ekonomi Sektor Wisata, Gencar Promosi

Pemda Provinsi Jabar bersama para pihak juga tengah menggali potensi di bidang energi terbarukan, yaitu energi bayu

Editor: bisnistribunjabar
Dok. HUMAS JABAR
Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum 

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Wilayah Jawa Barat bagian selatan menyimpan potensi ekonomi yang tinggi, terutama dari sektor pariwisata.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menuturkan bahwa Pemda Provinsi Jawa Barat terus menggenjot potensi ekonomi di sana.

Menurut Pak Uu -- sapaan karib Uu Ruzhanul Ulum-- banyak sektor yang bisa digali, seperti pariwisata, perikanan, perkebunan, hingga sumber energi terbarukan yakni, energi bayu atau angin, dan potensi lain.

Demikian dikatakan Pak Uu, disela pertemuan dengan Tim Jelajah Bisnis Indonesia, di Pesantren Al-Ruzhan Desa Cilangkap Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (31/8/2021).

"Selain daerah lainnya sekarang yang juga sedang digenjot yaitu Jabar selatan," ujar Uu Ruzhanul Ulum.

Dengan lanskap alam yang indah, Jabar selatan punya peluang yang baik di sektor pariwisata. Terdapat potensi gunung, bukit, hingga pantai yang terbentang panjang.

Belum lagi, katanya, penduduk lokal setempat yang masih memegang teguh tradisi serta sikap yang ramah dengan prinsip ’someah hade ka semah' (ramah kepada tetamu) tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Baca juga: Sandiaga Yakin Pariwisata Akan Pulih dan Ekonomi Kreatif Bakal Bangkit Jika Bisa Tangani Covid-19

Adapun untuk sektor perkebunan atau pertanian, menurut Pak Uu, daerah Jabar selatan punya sumber pengairan yang cukup.

Tinggal diatur atau dirancang sedemikian rupa agar lebih efektif dan efisien sesuai kebutuhan produksi pertanian atau perkebunan.

"Pengairan di situ sangat potensial ada pegunungan dan pepohonan (hutan) untuk menyimpan air. Kami sedang menata untuk dimanfaatkan bisa dijadikan sarana untuk investasi lebih baik lagi," tambah Pak Uu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved