Breaking News:

Masih Ada Tanah Warga yang Terpakai Tol Cisumdawu Belum Diganti Rugi, Wabup Sumedang Desak Ini

Menurut Wabup Sumedang, =saat ini masih terdapat permasalahan yang perlu diselesaikan secepatnya terkait pembebasan lahan dan menyangkut hak warga

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Seli Andina Miranti
Istimewa/Dok Humas Pemkab Sumedang
Wakil Bupati Erwan Setiawan saat menemui warga yang terdampak Tol Cisumdawu di Aula Kantor Desa Licin, Kacamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Senin (30/8/2021). 

Laporan Kontributor Tribun Jabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Sebanyak 32 petak lahan milik warga di Desa Licin, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, yang terpakai untuk kepentingan pembangunan jalan Tol Cisumdawu belum juga diganti uang pembebasan.

"Terkait percepatan proyek nasional Cisumdawu di Licin, masih ada hak-hak warga yang belum terpenuhi. Saya akan terus kawal persoalan ini sampai ada kepastian pembayaran," kata Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan saat menemui warga yang terdampak Tol Cisumdawu, di Aula Kantor Desa Licin, Senin (30/8/2021).

Menurut Erwan, hingga saat ini masih terdapat permasalahan yang perlu diselesaikan secepatnya terkait pembebasan lahan dan menyangkut hak warga.

Wabup berharap pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan yang menjadi solusi baik bagi warga Desa Licin yang terdampak maupun bagi pe

"Saya datang ke desa untuk menjembatani permasalahan ini. Saya harap pertemuan ini menghasilkan solusi terbaik sehingga tidak ada yang dirugikan," katanya

Erwan menyayangkan karena yang hadir ke dalam pertemuan dengan warga Licin, dari PT Wika dan PT CKJT, bukan merupakan pucuk pimpinan yang bisa langsung mengambil keputusan.

"Kami inginnya yang hadir adalah pimpinannya yang bisa mengambil keputusan langsung atas berbagai apresiasi warga yang terdampak. Jangan diwakilkan," tuturnya.

Oleh karena itu, ia meminta agar ada pertemuan khusus yang dihadiri pimpinan PT Wika, PT CKJT, LMAN bersama warga untuk mendapatkan jawaban pasti.

Baca juga: Sekda Hadiri Eksekusi Pengosongan Tanah dan Bangunan untuk Tol Cisumdawu

"Saya yakin warga sangat mendukung dan tidak akan menghambat proyek ini. Namun mereka ingin kejelasan dari pihak terkait kapan dibayar. Insyaallah saya akan mendampingi perwakilan warga pada pertemuan nanti," ucapnya.

Salah satu warga Desa Licin yang terdampak pembangunan Tol Cisumdawu, Yani Anggraeni (40), menyebutkan dirinya bersyukur atas kehadiran Wakil Bupati yang mau menindaklanjuti aspirasi mereka.

"Ini tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi kami, pemerintah hadir untuk menjembatani serta memberikan solusi yang terbaik bagi masyarakat. Saya juga berharap hak kami segera dibayarkan," ucap dia.

Kades Licin Oos Rohayat menyebutkan, sebanyak 140 petak lahan milik warga di Desa Licin terkena proyek Tol Cisumdawu dan 32 di antaranya belum mendapatkan pembayaran.

"Saya harapkan dalam pertemuan ini akan ada solusi dari CKJT dan pihak WIKA terkait percepatan proses pembayaran," katanya. (*)

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Tol Cisumdawu Rampung Akhir Tahun Ini, Kalau Kereta Cepat Jakarta-Bandung?

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved