Breaking News:

Gempa Bumi

Gempa Berkekuatan M 4.9 di Garut, Terasa Sampai Pangandaran, Dirasakan Sebagian Orang

Getaran gempa bumi berkekuatan 4.9 M yang berlokasi di Garut tersebut hanya dirasakan oleh sebagian orang di Pangandaran

Penulis: Padna | Editor: Seli Andina Miranti
istimewa / tangkap layar aplikasi BMKG
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, pada Senin (23/8/2021), pukul 4:13:04 WIB tengah terjadi gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4.9. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Pangandaran, Padna

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, pada Senin (23/8/2021), pukul 4:13:04 WIB tengah terjadi gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4.9.

Yang berada di kordinat 8.32 LS dan 107.58 BT atau berlokasi di 93 kilometer barat daya Garut, Jawa barat.

Supervisor Pusdalops BPBD Kabupaten Pangandaran, Ervina Respati menyampaikan bahwa gempa bumi tersebut terjadi karena adanya pergeseran lempeng.

Baca juga: Pagi Ini Garut Diguncang Gempa Bumi M 4,9, Berasal dari Lempeng Eurasia, Warga Diimbau Tenang

"Ini termasuk pergeseran antara continental plate dengan Oceanic plate di jalur sesar indo australia," ujar Ervina kepada Tribunjabar.id melalui WhatsApp, Senin (23/8/2021).

Menurutnya, getaran gempa bumi berkekuatan 4.9 M yang berlokasi di Garut tersebut hanya dirasakan oleh sebagian orang di Pangandaran.

"Jadi, hanya sebagian orang yang merasakan getarannya," kata Ia.

Kemudian, ungkap Ia, hingga sekarang ini pihaknya belum menerima laporan dari masyarakat Pangandaran terkait dampak gempa bumi tersebut.

"Dari 10 Kecamatan, untuk saat ini tidak ada laporan. Ya mudah-mudahan, mah, jangan sampai ada," ucapnya.

Sementara, seorang warga pemilik ayam Ringneck merah (yang katanya bisa mendeteksi gempa) di Pangandaran, Nunung Nurhadi (46) mengaku, memang sebelum Ia salat Subuh, ayam Ringneck miliknya bersuara kencang.

"Ya rame seperti kemarin kang, Saya juga bangun subuh. Apalagi kemarin-kemarin, saat ada gempa di wilayah kita (Pangandaran)," ucap singkatnya. *

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved