Breaking News:

Domba Bertanduk Lima Pecahkan Rekor, Selalu Diberi Jamu Nafsu Makan Pemilik Berniat Menjualnya

Warga Cianjur kembali digegerkan dengan adanya domba garut yang bertanduk lima. Domba ini milik Dede Saepulloh, warga Kampung Balakang Cipanas Cianjur

Penulis: Ferri Amiril Mukminin | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/FERRI AMIRIL MUKMININ
Dede Saepulloh menunjukkan domba bertanduk lima di kandang miliknya di warga Kampung Balakang RT 01/05, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Minggu (22/8/2021). 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Warga Cianjur kembali digegerkan dengan adanya domba garut yang memiliki lima tanduk di kepalanya.

Domba ini milik Dede Saepulloh (40) warga Kampung Balakang RT 01/05, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Diberitakan sebelumnya, seorang warga Pacet Cianjur juga memiliki domba bertanduk empat. Dengan demikian rekor pecah karena di Cianjur ada domba yang memiliki lima tanduk.

Dede mengatakan, domba bertanduk lima ini dibeli dari Kabupaten Garut saat berumur empat bulan. Saat itu yang terlihat akan tumbuh baru empat tanduk.

"Kini umurnya 10 bulan dan muncul lagi tanduk baru, jadi tanduknya ada lima, yang empat sudah cukup panjang, namun yang baru masih terlihat kecil," ujar Dede ditemui di Kampung Balakang, Minggu (22/8/2021) siang.

Dede mengatakan domba tersebut akan ia jual. Ia membuka bagi siapapun yang berkenan untuk memiliki domba bertanduk unik ini untuk datang ke rumahnya.

Dede mengatakan, ia sebenarnya sudah lama beternak domba garut untuk aqiqah. Setelah memiliki domba bertanduk unik ini ia pun berinisiatif untuk mengawinkan dengan domba betina Garut.

"Sudah saya coba kawinkan dengan domba betina Garut, semoga hasilnya juga ada yang unik memiliki lima tanduk seperti induknya," kata Dede.

Dede mengatakan, sudah hampir 15 tahun ia berjualan domba Garut untuk aqiqah. Wilayah yang menjadi pasarnya di Jabodetabek.

"Biasanya untuk bibit Garut lokal, sepasang umur 7 bulan saya jual Rp 3,5 juta dan untuk Garut super sepasang saya jual Rp 45 juta," kata Dede.

Ia mengatakan saat ini di kandangnya memiliki jenis jantan domba garut sebanyak 40 ekor.

Menurutnya tak sulit memelihara domba Garut, perbedaannya hanya ada pemberian obat cacing dan suplemen jamu nafsu makan, selebihnya hampir sama dengan memelihara domba biasa.

Baca juga: Domba Langka Bertanduk Empat Asal Cianjur, Ditawar Rp 15 Juta, Ditolak dengan Alasan Ini

"Seperti sekarang untuk kebersihan domba, maka bisa dimandikan seminggu sekali," katanya sambil memperlihatkan beberapa ekor domba Garut lainnya yang sudah siap untuk aqiqah. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved