Breaking News:

Gartis, Bagi Masyarakat Purwakarta yang Ingin Tes Swab PCR Dipersilakan Datang ke Labkesda

Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Purwakarta kini memiliki alat tes PCR untuk mempercepat tracing COVID-19 di Purwakarta.

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/IRVAN MAULANA
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat meresmikan alat tes PCR di Kantor Labkesda Jalan Veteran Kabupaten Purwakarta, Kamis (19/8/2021) 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Purwakarta kini memiliki alat tes PCR untuk mempercepat tracing COVID-19 di Purwakarta.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan peresmian alat tes PCR tersebut menjadi bukti keseriusan pemerintah daerah Purwakarta untuk menekan tren positif harian COVID-19 di Purwakarta.

"Saya hari ini ada di Labkesda Kabupaten Purwakarta. Alhamdulillah kami baru saja meresmikan dan beroperasinya alat PCR yang dimiliki oleh Labkesda Kabupaten Purwakarta," ujar Anne kepada awak media usai peresmian alat tes PCR di Kantor Labkesda Jalan Veteran Kabupaten Purwakarta, Kamis (19/8/2021).

Anne mengatakan pengadaan alat tes PCR merupakan langkah penting untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Purwakarta.

"Kali ini peralatan penelitian di Labkesda kita cukup lengkap, dengan ini tentunya saya berharap masyarakat Purwakarta bisa lebih menumbuhkan pola hidup sehat, karena adanya Labkesda ini juga untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Purwakarta," kata dia.

Terpisah Kepala UPTD Labkesda Purwakarta Sjaiful Nugraha mengatakan, Kali ini Labkesda punya 3 ruangan, dimana ketiganya punya fasilitas penelitian yang berbeda.

"Saya dengan kepala dinas kesehatan pak dokter deni kemudian pak dokter sjaiful sebagai kepala labkesda kita, dan hari ini alhamdulillah apa yang kita tunggu tunggu bahwa labkesda Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta memiliki alat PCR, ini akan mempercepat dalam upaya memutus mata rantai dan penanganan covid-19 di Kabupaten Purwakarta. Ini sangat lengkap, ini salah satu ruangannya karna ada 3 ruangan, jadi mudah-mudahan semuanya sehat ya masyarakat Kabupaten Purwakarta," ujarnya.

Sjaeful Nugraha Kepala UPTD Labkesda Purwakarta mengatakan saat ini Labkesda punya 3 ruangan penelitian.

"Jadi kita kalau untuk laboratorium sekarang kita punya 3 ruangan, dari mulai pemeriksaan darah, tes urine, tes kadar makanan, dan hari ini bertambah kita punya ruangan untuk tes PCR," ujar Sjaiful.

Ia mengkalkulasi bahwa dengan adanya alat tes PCR ratusan sampel perharinya bisa diteliti, sehingga mata rantai penyebaran COVID-19 juga bisa diminimalisir.

"Kita asumsikan satu perode tes sebanyak 94 sampel, dalam satu kali itu membutuhkan waktu antara 4-5 jam, perhari kita bisa dua kali tes, hasil rata-ratanya adalah 188 sampel perhari bisa dilayani disini," kata dia.

Masyarakat Purwakarta juga tak perlu khawatir soal biaya, pasalnya keperluan tracing COVID-19 di labkesda sendiri dibiayai oleh APBD Purwakarta.

"Sebelumnya memang kita bawa sampel ke Labkesds Provinsi, hasilnya bisa keluar setelah 4-5 hari," imbuhnya.

Ia mengimbau agar masyarakat  perorangan, atau keluarga jika membutuhkan keperluan tes PCR dipersilahkan untuk mendatangi Labkesda Kabupaten Purwakarta. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved