Breaking News:

Cara Unik Meriahkan HUT RI, Warga Purwakarta Ikuti Lomba Membuat Mural Hingga Karaoke Virtual

Masih dalam suasana HUT RI 17 Agustus, Warga Kecamatan Kiarapedes memeriahkan Hari Kemerdekaan dengan berbagai perlombaan unik sekaligus edukatif.

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/IRVAN MAULANA
Mural untuk lomba 17 Agustus di Desa Cibeber Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta, Rabu (18/8/2021). 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Masih dalam suasana HUT RI 17 Agustus, Warga Kecamatan Kiarapedes memeriahkan Hari Kemerdekaan dengan berbagai perlombaan unik sekaligus edukatif.

Camat Kiarapede Diaudin mengatakan, rangkaian perlombaan tersebut sudah dimulai sejak awal Agustus.

"Sebenarnya dari awal Agustus lomba mendirikan gapura ini dimulai, karena membuat gapura itu cukup lama. Kita juga memikirkan bagaimana caranya menggelar perlombaan tanpa kerumunan," ujar Diaudin ketika diwawancara Tribun seusai menilai salah satu gapura di desa Cibeber, Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta, Rabu (18/8/2021).

Diaudin menjelaskan, teknis perlombaan tersebut dinilai cukup efektif di masa pandemi.  

"Kami memang antisipasi kerumunan, jadi kalau begini kan aman, warga hanya stand by di gang tiap desa masing-masing dan tidak perlu berkumpul di satu tempat," kata dia.

Selain perlombaan membuat gapura, perlombaan lain juga digelar oleh Pemerintah Kecamatan dan Karang Taruna Kiarapedes yang masing-masing pesertanya merupakan utusan desa-desa di wilayah Kecamatan Kiarapedes.

"Ada lomba mendirikan gapura, lomba mural, ada juga lomba karaoke lagu daerah tapi secara virtual, penilaiannya ada yang sudah dimulai sejak kemarin. Hari ini juga kami masih menilai secara keliling," ucapnya.

Diaudin berharap adanya lomba tersebut bisa menumbuhkan nilai moral masyarakat dalam rangka memaknai semangat perjuangan kemerdekaan.

Gapura 17 Agustus di Desa Cibeber Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta, Gapura tersebut sedang dinilai untuk perlombaan 17 Agustus, Rabu (18/8/2021).
Gapura 17 Agustus di Desa Cibeber Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta, Gapura tersebut sedang dinilai untuk perlombaan 17 Agustus, Rabu (18/8/2021). (TRIBUNJABAR.ID/IRVAN MAULANA)

"Khususnya dalam suasana pandemi ini, kami bisa memaknai bulan kemerdekaan dengan nilai moral, sejarah perjuangan para pahlawan sangat inspiratif jika kita maknai untuk menghadapi pandemi," ucapnya. (*)

Baca juga: Meriahkan HUT RI, Ibu-ibu Bermasker di Sukabumi Antusias Ikuti Lomba Sepak Bola, Prokes Tetap Dijaga

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved