Breaking News:

Beredar Hoaks Makanan KFC Mengandung Minyak Babi, Ini kata MUI dan KFC

Beredar kabar di Facebook hingga pesan berantai di Whats App (WA) soal kandungan minyak babi dalam bahan baku yang digunakan KFC.

Editor: Mega Nugraha
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi KFC drive-thru. 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Beredar kabar di Facebook hingga pesan berantai di WhatsApp (WA) soal kandungan minyak babi dalam bahan baku yang digunakan KFC.

Kabar tersebut ditanggapi PT Fast Food Indonesia melalui salah satu direkturnya, Justinus Dalimin Juwono yang memastikan kabar tersebut hoaks.

"Sama sekali tidak benar dan tidak ada dasar sama sekali. Karena produk patty untuk burger KFC semua diproduksi dengan proses di pabrik-pabrik yang bersertifikat halal," ujarnya, dilansir dari Kompas.com, Sabtu (14/8/2021).

Dia menyebut, dalam memproduksi makanan olahan dari KFC, pihaknya sudah mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Setiap hasil produk patty tersebut sebelum dipasarkan sudah terperiksa oleh MUI sebelum sertifikat halal diterbitkan," ucap dia.

Direktur Eksekutif LPPOM MUI Muti Arintawati mengatakan bahwa kabar tersebut tidak benar.

"Informasi yang beredar melalui akun Facebook dan broadcast WA terkait menu tertentu di KFC yang mengandung babi merupakan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," ujar Muti seperti yang dikutip dari laman resmi MUI, Jumat (13/8/2021).

Baca juga: Cerita Ismail Tukang Wedang Jahe di Sumedang, Pendapatannya Semalam Capai Jutaan di Masa Pandemi

Melalui surat bernomor DN09/Dir/LPPOMMUI/VIII/21 perihal update informasi klarifikasi berita hoax produk halal MUI, Muti juga menyebut menyebut bahwa isi pemberitaan dalam link

PT. Fast Food Indonesia Tbk atau restoran KFC di Indonesia, kata Muti, telah mendapatkan sertifikat halal MUI sejak 1999 dengan nomor sertifikat 00160001420999 dan terus memperpanjang sertifikat halal-nya hingga 11 Agustus 2023.

Menurut Muti, PT. Fast Food Indonesia Tbk telah mengimplementasikan Sistem Jaminan Halal (SJH) dengan baik.

"Mendapatkan status nilai Sistem Jaminan Halal dengan nilai A (sangat baik) enam kali berturut-turut dan telah mendapatkan Sertifikat Sistem Jaminan Halal sejak tahun 2013," tutur dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penjelasan KFC dan MUI soal Isu Burger Mengandung Unsur Babi", Klik untuk baca:

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved