1.500-an Restoran Tutup Permanen, Rata-rata Punya 20-30 Karyawan, Hasil Survei PHRI

Wakil Ketua Umum PHRI Bidang Restoran, Emil Arifin, restoran-restoran yang tutup permanen itu rata-rata punya 20-30 karyawan.

Tribun Jabar/Sidqi
Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Garut mengibarkan bendera putih di setiap hotel di Garut, Senin (19/7/2021). Pengibaran bendera putih itu sebagai bentuk kekecewaan terhadap keadaan perhotelan dan restoran yang mengalami ketidakpastian di masa pandemi Covid-19. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Selama pandemi Covid-19 diperkirakan 1.500 lebih restoran tutup permanen.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia ( PHRI ) mengatakan, selain karena pandemi Covid-19, pembatasan pergerakan orang juga menjadi penyebab ribuan restoran itu tutup permanen.

Wakil Ketua Umum PHRI Bidang Restoran, Emil Arifin, restoran-restoran yang tutup permanen itu rata-rata punya 20-30 karyawan.

Menurutnya, berdasarkan survei internal pada tahun lalu, ada 1.033 restoran yang utup permanen dan sekitar 400 tutup sementara. 

"Kalau saya pikir berdasarkan survei tahun lalu, sekarang mungkin sudah lebih dari 1.500 restoran yang tutup permanen," ujar Emil saat dihubungi, Jumat (23/7/2021).

Baca juga: PHRI Purwakarta Pasang Bendera Putih Beremotikon Menangis, Imbas Omzet Berantakan Akibat PPKM

Menurutnya, restoran yang berada di daerah Jabodetabek paling banyak ditutup secara permanen, dengan jumlah karyawan satu restoran sebanyak 20 sampai 30 orang. 

"Kalau yang bertahan, satu restoran itu misalnya 20 karyawan, sekarang jadi enam orang saja. Itu juga karyawan tetap, tidak ada lagi pekerja harian, atau yang kontrak," katanya.

Karena itu, Emil berharap pemerintah memberikam kompensasi terhadap beban-beban pengusaha restoran seperti biaya sewa, pajak, dan lainnya agar bisa tetap bertahan. 

"Kami juga minta subsidi upah untuk karyawan, langsung diberikan kepada mereka. Beban besar restoran itu ada digaji karyawan dan biaya sewa, itu yang pengeluaran pasti," kata Emil.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul PHRI Sebut Sekitar 1.500 Restoran Tutup Permanen

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved