Breaking News:

Ciamis Berpeluang Kembali Melaksanakan Belajar Tatap Muka Terbatas, Tapi Setelah Tanggal Ini 

Dengan diperpanjangnya kembali pemberlakuan  PPKM  Level 3 sampai tanggal 16 Agustus nanti, Kabupaten Ciamis berpeluang kembali menggelar PTM terbatas

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar
ILUSTRASI simulasi belajar tatap muka 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR,ID,CIAMIS – Dengan diperpanjangnya kembali pemberlakuan  PPKM  Level 3 sampai tanggal 16 Agustus nanti, sesuai dengan Instruksi Mendagri (Inmendagri)  Kabupaten Ciamis Jawa Barat berpeluang kembali menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

“Sesuai dengan Inmendagri, Ciamis yang sekarang masuk Level 3 berpeluangan kembali menggelar kembali PTM terbatas,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Dr Asep Saeful Rahmat M.Si kepada Tribunjabar.id, Kamis (12/8).

Meski berpeluang kembali melaksanakan PTM terbatas, namun saat ini Ciamis masih dalam ketentuan pembelajaran secara online (daring) sejak diberlakukannya PPKM Darurat awal Juli lalu dan kemudian jadi PPKM Level yang sudah beberapa kali diperpanjang.

“Sesuai dengan Surat Edaran Bupati pelaksanaan pembelajaran secara daring tersebut sampai tanggal 20 Agustus nanti. Makanya siang ini saya akan akan menghadap Pak Bupati untuk berkonsultasi tentang kemungkinan digelarnya kembali PTM terbatas,” katanya.

Ciamis berpeluang kembali untuk melaksanakan PTM Terbatas setelah tanggal 20 Agustus nanti sehingga dari sekarang dilakukan evaluasi dan persiapan.

Ciamis sendiri sudah menggelar PTM uji coba atau PTM terbatas dari tanggal 24 Mei sampai 24 Juni lalu yang diikuti 744 SD dan 132 SD. Awalnya semula terbatas hanya diikuti murid kelas 5 dan 6, kemudian dilaksanakan untuk selurh kel;as. Sementara untuk SMP diikuti kelas VII dan kelas VIII.

Kemudian PTM terbatas tersebut tidak berlanjut karena memasuki libur sekolah dan setelah itu diawal Juli diberlakukan PPKM Darurat. PTM tidak dilaksanakan lagi, sesuai dengan sesuai surat edaran Bupati, pembelajaran dilaksanakan secara daring (online).

Selama pelassanaan PTM Terbatas bulan Mei lalu semula hanya diikuti beberapa sekolah kemudian diperluas untuk seluruh SD dan SMP sesuai dengan kesaiapan sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan (prokes).

Selama pelaksanaan PTM Terbatas bulan Mei dan Juni lalu tersebut tidak ada siswa yang terpapar Covid-19. Pelaksanaan PTM terbatas berjalan lancar dan aman.

Memang di sejumlah sekolah PTM terbatasnya sempat dihentikan sementara lantaran ada warga yang tinggal pemukiman di sekitar lingkungan sekolah terpapar Covid-19.

Bila PTM terbatas kembali digelar, katanya, tentu akan dilakukan terlebih dahulu evaluasi secara teknis untuk beberapa hal. Termasuk, saat ini ada 28 sekolah yang sedang digunakan untuk tempat isolasi terpadu (isoter).

Ke-28 sekolah yang digunakan untuk  isoter tersebut 25 SMP, 1 SMK, 1 MTs dan 1 SD.

“Kami masih punya waktu mulai sekarang sampai tanggal 20 Agustus nanti untuk melakukan evaluasi dan persiapan. Kalau PTM Terbatas kembali dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Inmendagri bagi daerah Level 3,” ujar Kadisdik Ciamis, Asep Saeful Rahmat. (*) 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved